Intip Strategi Bisnis Paling Efektif Untuk Jualan Online

Posted: 1 Jul 2021from: EditorLast updated : 9 Sep 2021

Kamu yang memiliki usaha online alias daring, ada strategi pemasaran yang bisa kamu gunakan untuk mendongkrak penjualan. Meskipun tergolong dalam strategi pemasaran tradisional, nyatanya lewat langkah ini beberapa perusahaan bisa mencapai angka penjualan yang memukau.

 

Strategi yang dijalankan adalah word of mouth. Lewat teknik pemasaran tersebut, pengalaman menggunakan produk dagangan kamu bisa cepat menyebar ke calon konsumen lain, artinya kepuasan yang diberikan ditularkan ke pihak lain secara natural.

 

Dulu orang secara tradisional sering membicarakan tentang kepuasannya menggunakan produk A, lalu berkembang hingga akhirnya penyampaian kepuasan atas produk dilakukan di dunia maya. Lantas apa itu strategi word of mouth ?

 

Strategi yang efisien dan tepat guna


Membincang bisnis selalu erat kaitannya dengan seberapa efisien kamu bisa menjaga biaya produksi, termasuk didalamnya biaya marketing atau pemasaran. Nah dengan strategi word of mouth kamu bisa menghemat banyak biaya lho.

 

Strategi word of mouth adalah teknik pemasaran melalui komunikasi yang dibangun atas produk dan jasa yang dilakukan oleh orang independen. Secara mudah dapat diartikan bahwa strategi ini mengandalkan komunikasi tentang kepuasan dari produk yang telah digunakan.

 

Langkah ini juga sekaligus bisa membuat produk yang kamu jual dipercaya oleh banyak orang. Nah dengan adanya media sosial seperti instagram, facebook, youtube ataupun twitter, penyampaian pesan yang dilakukan bisa lebih jauh lagi cakupannya.

 

Kamu bisa menggunakan jasa food vlogger jika produk yang kamu jual adalah makanan atau minuman, lalu bagi yang menjalankan bisnis kecantikan bisa menggunakan jasa beauty vlogger.

 

Lalu bagi yang memiliki bisnis jasa, bisa juga mengandalkan testimoni dari pelanggan selama ini. Lantas bagaimana untuk bisa menggunakan teknik tersebut, langkah apa saja yang harus dilakukan.

 

(Baca juga: Job Seeker, Seleksi CPNS 2021 Resmi di Buka Hari ini. Simak Aturannya!)

 

1. Berikan layanan yang terbaik

 

Membincang penjualan online, tidak bisa dilepaskan dari yang namanya pelayanan. JIka kamu bisa melayani pelanggan dengan baik, kamu bisa mendapatkan kepercayaannya dan peluang untuk mereka membeli produk kamu semakin besar.

 

Kamu bisa memulainya dengan menjelaskan setiap ada pertanyaan yang masuk di dalam kolom komentar yang ada di media sosial. Jelaskan juga secara terperinci informasi apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

 

Sebagai contoh, kamu memiliki bisnis makanan yang mengandalkan bahan berupa gandum atau tepung, kamu bisa jelaskan bahwa produk ini mungkin saja tidak cocok bagi yang memiliki sensitivitas terhadap gluten.

 

Berkata jujur adalah langkah terbaik untuk bisa mendapatkan hati dari pelanggan. Jelaskan juga bahwa manfaat dari makanan yang kamu jual untuk kesehatan.

 

2. Bangun brand, jangan jualan melulu


Kamu juga perlu membangun merek dari produk kamu lho. Caranya adalah dengan mengisi media sosial kamu dengan hal yang sifatnya mendidik, jangan jualan terus. Kamu yang menjual roti misalnya, bisa memberikan informasi terkait bahan apa saja yang terkandung pada roti.

 

Lalu buat juga tentang sejarah penciptaan roti di Indonesia juga dunia, ada berapa jenis roti yang ada di dunia, roti apa yang paling enak dan roti apa yang paling tidak enak. Semuanya bisa dijadikan bahan untuk meningkatkan interaksi kamu dengan pelanggan.

 

Selain itu,dengan memberikan informasi yang sifatnya variatif, memperbesar peluang konten kamu untuk disebar oleh followers kamu. Jadi dengan begitu kamu sudah melakukan strategi word of mouth dengan baik.

 

3. Kerjasama dengan key opinion leader (KOL)


KOL atau key opinion leader adalah orang yang memiliki kekuatan untuk bisa memengaruhi pembuatan keputusan. Seperti food vlogger, beauty blogger, influencer, selebgram dan masih banyak lagi akun-akun di media sosial yang bisa kamu ajak kerjasama untuk memasarkan produk yang dimiliki.


Dengan cara seperti itu, produk kamu bisa lebih dipercaya, karena kebanyakan followers para selebgram itu bakal penasaran dengan produk apa yang digunakan pada KOL tersebut.

 

Terpenting adalah tentukan materi yang akan disampaikan oleh KOL dan pilih KOL sesuai dengan bidangnya masing-masing.

 

(Baca juga: Pilih Mana, Mapan Dulu Baru Menikah atau Sebaliknya?)

 

Nikmati kemudahan akses pendanaan di Finpedia

 

Kamu yang saat ini membutuhkan dana cepat untuk ragam kebutuhan, bisa mengakses Finpedia.id. Katalog finansial itu menyediakan ragam produk keuangan dari lembaga perbankan, pembiayaan maupun peer to peer lending.

 

Mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, pinjaman modal usaha, pinjaman instan, pinjaman dana darurat, pinjaman dengan agunan sampai program cicilan biaya pendidikan bisa didapatkan dengan mudah di Finpedia.id.

 

Disana kamu bisa melihat informasi mulai dari suku bunga yang diberikan, jangka waktu, syarat yang dibutuhkan sampai pengajuan bisa dilakukan di Finpedia. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot untuk mengumpulkan informasi dari produk keuangan yang dibutuhkan dari ragam lembaga keuangan, seperti KoinWorks yang menyediakan pinjaman modal usaha mulai dari Rp5 juta sampai Rp2 miliar dengan bunga 1,33% per bulan. Ajukan sekarang dan kembangkan bisnis online kamu dengan lebih mudah.