H-7 Lebaran, Ada 598 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek. Ada Kamu?

Posted: 26 Apr 2022from: EditorLast updated : 9 Mei 2022

Perusahaan pengelola jalan tol milik negara, PT Jasa Marga (Persero) mencatat sebanyak 598.534 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek pada periode H-10 sampai dengan H-7 Lebaran atau Jumat-Senin (22-25 April 2022).

 

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

 

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 0,3%, jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 600.107 kendaraan," katanya

 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 282.848 kendaraan atau sekitar 47,3% kendaraan menuju arah timur melalui jalur Trans Jawa dan Bandung.

 

187.495 kendaraan atau sekitar 31,3% menuju menuju arah Barat, Merak, dan 128.195 kendaraan atau 21,4% kendaraan menuju arah Selatan, Puncak.

 

Rincian Distribusi Lalu Lintas

 

Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)

 

1. Lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 159.610 kendaraan, meningkat sebesar 17,1% dari kondisi lalu lintas normal.

 

2. Lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 123.238 kendaraan, turun sebesar 8,6% dari lalu lintas normal.

 

Total lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 282.848 kendaraan, meningkat sebesar 4,3% dari lalu lintas normal.

 

Arah Barat (Merak)

 

Lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 187.495 kendaraan, turun 2,2% dari lalu lintas normal.

 

Arah Selatan (Puncak)

 

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 128.195 kendaraan, turun sebesar 6,6% dari lalu lintas normal.

 

Cek Kendaraan Sebelum Mudik

 

Kamu yang berencana pulang ke kampung halaman untuk mudik dengan kendaraan pribadi, perhatikan bagian-bagian penting kendaraan. Cek menyeluruh kondisi kendaraan kamu, mulai dari ban, kelistrikan, mesin, sistem pembakaran dan sebagainya.

 

Jangan sampai ada bagian yang terlewat yang nantinya malah membuat kamu repot dalam perjalanan. Bagian kaki-kaki mobil juga masuk dalam salah satu hal yang harus dilakukan pengecekan.

 

Pasalnya, hal tersebut akan memengaruhi tingkat kenyamanan kamu saat mudik kelak. Misalnya ada suara gemuruh di bagian roda yang disebabkan bearing yang sudah mulai goyang, harus segera diganti.


Jangan sampai saat dijalan, bearing roda pecah. Malah membuat kendaraan kamu tidak bisa berjalan selama belum diperbaiki.

 

Baca juga: Punya Uang Banyak kok Nyesal? Ini Ternyata Penyebabnya

 

Nikmati kemudahan akses pendanaan di Finpedia


Kamu yang saat ini membutuhkan dana cepat untuk ragam kebutuhan, bisa mengakses Finpedia.id. Katalog finansial itu menyediakan ragam produk keuangan dari lembaga perbankan, pembiayaan maupun peer to peer lending.

 

Mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, pinjaman modal usaha, pinjaman instan, pinjaman dana darurat, pinjaman dengan agunan sampai program cicilan biaya pendidikan bisa didapatkan dengan mudah di Finpedia.id.

 

Disana kamu bisa melihat informasi mulai dari suku bunga yang diberikan, jangka waktu, syarat yang dibutuhkan sampai pengajuan bisa dilakukan di Finpedia. Seperti layanan keuangan dari Cairin yang memberikan pinjaman tanpa agunan mulai dari Rp500 ribu sampai Rp5 juta. Bunganya super murah 0,065%!

 

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot untuk mengumpulkan informasi dari produk keuangan yang dibutuhkan dari ragam lembaga keuangan. Akses sekarang dan penuhi kebutuhan darurat kamu segera!