Butuh Dana Cepat Untuk Renovasi Rumah? Simak Simulasi KTA Berikut

Posted: 3 De00 2020from: EditorLast updated : 3 Jun 2021

Musim hujan sudah mulai menghampiri. Puncaknya diprediksi akan jatuh pada akhir tahun ini. Kamu sudah menyiapkan dana untuk melakukan perbaikan rumah belum?Hal itu perlu untuk mencegah pindahnya air hujan dari luar ke dalam rumah. Sebelumnya, pastikan kamu melakukan simulasi KTA terlebih dahulu.


Curah hujan di Indonesia biasa mengalami peningkatan pada akhir tahun hingga awal periode tahun baru. Biasanya saat itu, informasi tentang banjir ataupun tanggul air jebol mulai banyak bertebaran di jagad dunia maya. Oleh karena itu, penting untuk kamu melakukan langkah mitigasi dengan melakukan renovasi rumah.


Kamu bisa memanfaatkan dana kredit tanpa agunan (KTA) untuk membenahi bagian-bagian rumah yang bocor ataupun memerlukan perbaikan. Jangan sampai ketika curah hujan mulai menunjukkan perubahan aktivitas, kamu belum siap. Lakukan simulasi KTA untuk bisa memastikan kemampuan bayar kamu setiap bulannya dan besaran dana pinjaman yang kemungkinan disetujui.


Kredit Tanpa Agunan (KTA) sendiri adalah fasilitas kredit dari lembaga keuangan perbankan yang memberikan dana pinjaman tanpa mensyaratkan agunan alias jaminan untuk mendapatkannya. Biasanya KTA ditujukan untuk kamu yang sudah memiiki rekening di bank yang bersangkutan.


Namun derasnya kemajuan teknologi membuat siapapun bisa mendapatkan dana tunai dari KTA. Tetapi ingat untuk selalu melakukan simulasi KTA sebelum mengajukannya. Lewat platform digital, kamu bisa memperoleh dana KTA online dengan mudah, hanya bermodalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan ponsel pintar untuk mendapatkannya.


Nah berikut merupakan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan dana KTA untuk perbaikan rumah.


(Baca juga: 5 Tips Biar Makin Disayang Sama Bos di Kantor)


1. Dana darurat menjadi lebih aman


Kamu yang sudah memliiki dana tabungan, jangan langsung digunakan untuk renovasi rumah. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang, kamu bisa menggunakan dana tersebut sebagai dana darurat yang sewaktu-waktu bisa dikeluarkan.

 

Dana KTA yang sifatnya multiguna bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, termasuk didalamnya untuk melakukan renovasi rumah.

Tentukan budget yang kamu butuhkan melalui simulasi KTA lalu ajukan segera melalui FInpedia.id. Kamu bisa memilih bank mana yang bisa memberikan kemudahan layanan terbaik.


Mulai dari persyaratan yang dibutuhkan, suku bunga yang diberikan hingga jangka waktu pinjaman yang bisa didapatkan.


Menggunakan KTA untuk dana perbaikan rumah banyak dilakukan oleh kalangan milenial. Kebanyakan dari mereka tidak ingin menggunakan dana tabungan yang selama ini susah payah dikumpulkan untuk dihabiskan dengan cepat.


2. Rumah rapi, bayarnya nyicil


JIka kamu berhasil mendapatkan dana Kredit tanpa agunan, kamu akan memperoleh dana langsung untuk memperbaiki rumah. Misalnya, kamu membutuhkan dana perbaikan rumah sekitar Rp100 juta.


Kemudian kamu masukkan dalam simulasi KTA, disitu akan langsung terlihat besaran cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya selama jangka waktu berapa tahun.


Jadi rumah kamu bisa langsung selesai dengan baik, sementara pengembalian dananya dilakukan secara dicicil. Keuangan kamu tentu akan menjadi sangat ringan.


Bandingkan, lebih baik kamu mengeluarkan dana tunai langsung Rp100 juta atau kamu mencicilnya sebanyak Rp2 juta perbulan dalam jangka waktu tertentu.


Dengan mencicil, kamu bisa menggunakan dana tabungan untuk memulai usaha ataupun memenuhi kebutuhan mendesak. Jadi kondisi keuangan keluarga juga tidak terganggu selama proses renovasi rumah dilakukan.


3. Dana langsung masuk ke rekening


Berbeda dengan fasilitas pembiayaan lain yang mengharuskan kamu untuk mengambil dana pinjaman secara tunai ke kantor cabang yang bersangkutan. Melalui fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA), kamu bisa mendapatkan dana pinjaman yang akan langsung masuk ke rekening pribadi kamu.


Saat melakukan simulasi KTA, kamu bisa melihat berapa besaran dana pinjaman yang kemungkinan disetujui. Hal itu disandarkan pada persyaratan umum, jumlah penghasilan dan juga riwayat kredit kamu selama ini.


Setelah disetujui, maka dana pinjaman langsung masuk ke rekening. Hal itu akan mengurangi risiko kriminalitas saat membawa uang tunai dalam jumlah banyak.


4. Tidak memerlukan agunan


Sesuai namanya, kredit tanpa agunan. Fasilitas KTA tidak memerlukan jaminan untuk mendapatkannya. Berbeda dengan kredit beragunan yang biasanya mensyaratkan jaminan berupa sertifikat tana, sertifikat deposito atau aset berharga lainnya.


Karena itu pula, proses pencairan bisa berjalan lebih cepat. Karena bank sebagai kreditur tidak memerlukan waktu untuk melakukan verifikasi dokumen yang kamu jaminkan.


Bank bisa dengan mudah melihat riwayat kredit kamu, status kredit di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dan berapa penghasilan kamu setiap bulannya.


Dalam simulasi kta, informasi-informasi seperti jumlah penghasilan dan juga masa waktu pinjaman bisa kamu masukkan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang kebutuhan keuangan kamu.


5. Plafon besar


KTA merupakan salah satu produk perbankan yang bisa memberikan dana pinjaman dengan jumlah yang besar. Rata-rata bank bisa memberikan dana pinjaman KTA mulai dari 3 hingga 8 kali gaji. Tetapi itu sangat tergantung dari riwayat kredit kamu selama ini.


JIka kamu memiliki riwayat kredit yang baik, bisa jadi bank memberikan dana pinjaman yang lebih besar. Oleh karena itu, penting untuk kamu melakukan simulasi KTA sebelum mengajukan dana cepat tersebut.


Dengan plafon yang besar, kamu bisa memanfaatkannya untuk beragam kebutuhan. Mulai dari renovasi rumah, biaya perawatan rumah sakit, modal untuk memulai usaha impian, membiayai pendidikan dan hal lain sesuai dengan kebutuhan.


(Baca juga: Manfaatkan Program Cicilan dari Pintek Untuk Tempuh Program S2)


6. Bunga kompetitif


Urusan suku bunga, kamu bisa mendapatkan dana pinjaman dari produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan tingkat suku bunga mulai dari 1% hingga 2% per bulan. Tergantung kebijakan dari masing-masing bank.


Suku bunga yang diberikan masih lebih rendah dibandingkan suku bunga kartu kredit yang berkisar di angka 2,5%.


Bagaimana mendapatkan KTA untuk memperbaiki rumah?


Kamu bisa mendapatkan dana KTA di berbagai bank. PIlih bank yang bisa memberikan layanan terbaik. Untuk memudahkan, kamu bisa melihat dan membandingkan kredit tanpa agunan yang paling sesuai dengan kebutuhan di Finpedia


Disana terdapat banyak produk keuangan yang bisa mewujudkan mimpi kamu. Kamu bisa langsung melakukan simulasi kta untuk mendapatkan informasi yang jelas.


Kamu hanya membutuhkan ponsel pintar dan koneksi internet untuk mendapatkannya. Finpedia adalah toko finansial yang memilki banyak produk keuangan dari ragam lembaga keuangan.


Mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), pinjaman online, pinjaman modal usaha, kredit multi guna, pinjaman dengan agunan dan layanan keuangan lainnya yang terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan.


Proses pengajuannya cepat dan juga mudah. Beberapa produk bahkan ada yang mampu mencairkan dana pinjaman dalam waktu sangat singkat, seperti Tunaiku. Kamu yang membutuhkan dana darurat, juga bisa mendapatkannya melalui Finpedia.


Terpenting adalah, hitung dengan benar berapa kebutuhan keuangan kamu untuk melakukan renovasi rumah. Setelah itu lakukan simulasi kta dan ajukan sesuai dengan kebutuhan. Jangan mengajukan dana pinjaman lebih besar dari apa yang kamu butuhkan, karena hal itu hanya akan memperberat kondisi keuanganmu.