Ini Pinjaman Instan yang Bisa Kamu Dapatkan Untuk Modal Usaha

Posted: 21 Okt 2020from: EditorLast updated : 10 Jun 2021

Melihat timeline media sosial, kok sepertinya dipenuhi berbagai barang dagangan teman ya. Adanya pandemi Covid-19 memang merubah banyak hal. Tidak cuma dari kebiasaan hidup sehat saja, tetapi kebiasaan berbelanja juga mengalami perubahan. Manfaatkan momentum tersebut untuk memulai usaha baru yuk.


Riset yang dilakukan oleh salah satu perusahaan jasa pengiriman, Paxel menyebutkan sebanyak 57% pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengalami lonjakan permintaan saat Pandemi dan 91,2 % diantaranya adalah UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman.


Berada dirumah bukan berarti tidak produktif. Kamu harus tetap bisa menghasilkan karya dan bekerja maksimal meskipun sedang menuntaskan pekerjaan dari rumah. Kamu juga bisa ikut mencicipi manisnya bisnis makanan atau minuman secara digital. Karena masih dari hasil riset yang sama, sekitar 44% UMKM merupakan pelaku usaha yang memulai bisnisnya kurang dari 1 tahun.


Artinya, bisa dikatakan bahwa pertumbuhan usaha di sektor UMKM merupakan imbas dari adanya pandemi. Karena negeri ini juga belum genap satu tahun menghadapi pandemi global Covid-19.


Modalnya bisa pakai dana pinjaman instan


Membincang usaha tidak dapat dilepaskan dari modal. Ada bermacam jenis modal, mulai dari modal kreatif yakni ide dan juga strategi serta modal yang berupa dana instan. Bagi kamu yang ingin memulai usaha, lebih baik jangan mencampurkan dana modal usaha dengan dana kebutuhan pribadi.


Untuk mudahnya,, kamu bisa menggunakan pinjaman instan dari lembaga keuangan. Sifatnya yang jangka pendek memudahkan kamu untuk merencanakan keuangan bisnis secara matang.


Pinjaman instan sendiri adalah alternatif sumber dana yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dana darurat kamu secara cepat dan mudah. Jenis pinjaman ini biasanya tidak membutuhkan agunan atau jaminan saat pengajuannya.


Dikatakan instan karena kamu bisa mendapatkannya secara cepat dan mudah. Bahkan ada yang mampu cair dalam hitungan jam. Rata-rata pinjaman instan memiliki tenor yang pendek, maksimal 4 tahun. Meskipun ada juga beberapa lembaga keuangan yang memberikan pinjaman instan dengan tenor mulai dari 1 bulan.


Dengan jangka waktu yang pendek, artinya beban keuangan kamu juga semakin pendek. Jika menggunakan jenis pinjaman ini, kamu sudah harus memiliki rencana bisnis yang akan dijalankan.


Jadi mulai dari model bisnis, potensi pasar, target penjualan, harga jual, harga produksi, margin keuntungan, kekuatan dari produk, kelemahannya, bagaimana persaiangannya dengan usaha sejenis, bagaimana teknik pemasarannya dan sebagainya sudah kamu buat. Nah berikut merupakan beberapa jenis pinjaman instan yang bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi modal usaha kamu.


1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)


Pinjaman instan ini bisa kamu dapatkan di bank. Untuk bisa memilikinya, biasanya bank mensyaratkan kamu harus menjadi nasabah bank tersebut terlebih dahulu. Syarat yang dibutuhkan untuk memilkinya adalah bukti penghasilan selama 3 bulan terakhir, kartu kredit (opsional), identitas diri dan data pendukung lainnya.


Skema pinjaman seperti ini memiliki tingkat suku bunga rata-rata 12% sampai 24% per tahun. Sedangkan tenornya bervariasi, dengan jangka waktu maksimal 48 bulan.


2. EasyCash


Jenis pinjaman instan berikutnya adalah dengan memanfaatkan dana pinjaman onlilne modal usaha dari lembaga pinjaman online (pinjol). Pastikan lembaga keuangan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan fasiliatas pinjaman modal usaha dari EasyCash. Dananya bisa kamu manfaatkan untuk membeli peralatan usaha. Misalnya kamu yang ingin memulai usaha minuman ringan, bisa untuk membeli blender ataupun kebutuhan lainnya.


Proses pencairannya cepat dan juga mudah, sehingga begitu kamu memiliki ide bisnis, bisa langsung merealisasikannya. Ajukan di Finpedia.id supaya kamu bisa lebih cepat memulai usaha impian.


3. AdaKami


Kamu juga bisa memanfaatkan dana instan dari AdaKami. Lembaga keuangan yang memberikan kemudahan pengajuan dan pinjaman ini bisa dijadikan alternatif pendanaan usaha kamu


Terpenting adalah, kamu sudah tahu mau diapakan dana tambahan tersebut. Karena dana instan sejatinya adalah dana pinjaman yang memiliki bunga.


Itu mengapa, kamu dianjurkan untuk mengetahui betul peruntukan dananya. Karena kamu juga harus membayar kembali dana tersebut bukan? Semakin baik pembayaran kamu, semakin besar juga plafon pinjaman di pengajuan berikutnya didapatkan.


Kamu bisa mendapatkan ragam produk keuangan tersebut di Finpedia.id. Terdapat banyak produk keuangan yang bisa kamu pilih sebagai opsi pendanaan usaha kamu. Selain itu, terdapat juga produk kartu kredit dari bank yang beroperasi di Indonesia. Mau belanja atau usaha, bisa lebih mudah dengan Finpedia.