5 Tips Biar Makin Disayang Sama Bos di Kantor

Posted: 1 De00 2020from: EditorLast updated : 18 Sep 2021

Siapa yang tidak ingin disayang oleh atasan? Hampir setiap dari kamu yang saat ini masih bekerja pasti ingin mendapatkan perhatian dari bos atau atasan. Tetapi bukan dengan cara menjilat atau selalu meng-iya-kan setiap arahan si bos, karena hal itu hanya akan membuat kualitas diri kamu anjlok. Ada tips yang bisa kamu lakukan agar bos kamu makin sayang dengan kamu sebagai karyawannya. Simak yuk


Kamu yang sampai sekarang masih bekerja, bersyukurlah. Karena dalam kondisi pandemi seperti sekarang, banyak teman-teman dari berbagai sektor usaha yang terkena kebijakan efisiensi. Langkah tersebut terpaksa diambil untuk bisa menyelamatkan jalannya perusahaan.


Nah buat kamu yang masih ingin bekerja, ada 5 tips supaya makin disayang sama bos di kantor. Dengan begitu, kamu bisa mengamankan karir kamu lo. Tapi tentunya dengan cara yang baik ya, bukan dengan cara singkat namun menjatuhkan orang lain.


1. Selesaikan tugas tepat waktu


Setiap atasan pasti senang mendengar bahwa pekerjaan dari stafnya sudah selesai dengan tepat waktu, atau bahkan lebih cepat dari target yang ditentukan sebelumnya.


Dengan begitu tandanya kamu adalah seorang yang pekerja keras dan juga bertanggung jawab. Bekerja cepat bukan berarti sembarangan juga, kamu tetap harus memastikan semuanya dikerjakan sesuai dengan arahan dan standar operasional prosedur (SOP) perusahaan.


Setiap tugas yang diberikan oleh bos kamu terdapat penilaian yang pada akhirnya akan berdampak pada karir kamu. Semakin baik kamu mengerjakan tugas sesuai dengan ekspektasi, semakin baik pula pandangan bos kamu ke kamu.


Terlihatnya memang mudah, tetapi menyelesaikan semuanya dengan tepat waktu adalah tantangan tersendiri. Apalagi buat kamu yang selama ini gemar menunda-nunda pekerjaan.


Kamu akan menjadi sangat tersiksa untuk menjadi karyawan yang baik. Ya, dengan berupaya menuntaskan pekerjaan secara tepak waktu kamu secara pribadi juga akan menjadi semakin disiplin dan mampu berpikir secara cepat dan tepat.


(Baca juga: Ini Peraturan Pertama Dalam Usaha. Mulai Dulu!)


2. Jujur


Benar perkataan orang tua dulu, modal hidup hanya satu yakni jujur. Kamu harus membiasakan diri untuk mengatakan tidak untuk hal yang memang tidak sepaham dan sejalan dengan kamu. Terpenting adalah proses komunikasinya berjalan baik.


Kamu bisa menyampaikan apa yang ada di pikiran dengan santun dan tidak menghina lawan bicaramu. Karena sejatinya, perusahaan membutuhkan masukan atau ide yang baik dari setiap karyawannya.


Lagipula, kamu bukan robot yang selalu mengikuti apa arahan pembuatnya bukan? Mulai sekarang, cobalah bersikap jujur tetapi tetap santun.


Hal itu bisa juga diterapkan dalam penyampaian ide. Misal, sapa bosmu di pagi hari lalu katakan, saya memliki ide untuk pengembangan project A. Sampaikan dengan santun dan detail. Buat bosmu terkesima dengan kepribadianmu.


3. Take the risk


Kamu yang baru saja ditawari oleh bos mu untku menduduki posisi baru atau pindah ke divisi baru, ambil kesempatan tersebut. Jadikan pekerjaanmu sebagai investasi dari sudut pandang keilmuan.


Jangan perlihatkan keraguanmu di depan bos atau teman kerjamu. Tunjukkan bahwa kamu memang pantas duduk di posisi tersebut. Karena pastinya, selalu ada alasan dibalik penunjukkan posisi barumu.


Ambil kesempatan itu dan jalankan sebaik-baiknya. Dengan begitu, kamu akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan terus disayang bos.


4. Terima Kritik


Dalam organisasi yang baik, arus komunikasi berjalan dan mengalir lancar dari atas kebawah dan begitu pula sebaliknya. Kamu sebagai bawahan bisa bebas berkomunikasi seputar ide dan gagasan kepada siapapun, begitu pula bos kamu bisa dengan mudah mengutarakan apa yang diinginkannya ke tim yang ada dibawah naungannya.


Kamu harus membiasakan menerima segala masukan dan kritik sebagai saran untuk pengembangan diri. Jangan menjadi pribadi yang anti kritik dan selalu defense ketika ada yang memberikan saran.


Terima segala saran lalu evaluasi ke diri kamu sendiri. Hal itu penting untuk membuat kamu menjadi pribadi yang dewasa dan juga matang secara pemikiran.


Kamu akan menjadi orang yang berbeda dengan karyawan lainnya. Ada banyak karyawan di kantor, kamu harus menjadi yang berbeda dari semuanya. Berbeda disini dalam arti yang positif ya, terima kritik merupakan hal unik dan sulit dilakukan. Jadi biasakan melihat segala sesuatu dari sudut positif lalu kamu pastinya akan tambah disayang oleh bos.


(Baca juga: Awas Data Bocor. Lakukan Hal ini Supaya Tetap Aman)


5. Inisiatif


Jangan hanya menunggu arahan dari atasan, kerjakan pekerjaan yang memang bisa kamu lakukan. Pun jika ternyata kamu bisa membantu pekerjaan di divisi yang lain, kamu tetap bisa membantunya demi kepentingan organisasi.


Dengan begitu, perusahaan juga akan memiliki sudut pandang yang lain tentang dirimu. Jadilah pribadi yang tidak hanya mengenal untung dan rugi, tetapi manfaat terhadap sesama. Terapkan hal tersebut diatas, maka kamu bisa semakin disayang sama bos kamu.


Jangan juga lupa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Agar kamu tidak gagap saat menghadapi perubahan yang cepat. Kamu yang ingin memperdalam ilmu melalui workshop ataupun pendidikan lanjutan untuk gelar S2 atau Doktoral, wujudkan dengan segera.


Kamu bisa memanfaatkan cicilan biaya pendidikan dari Pintek. Plafon dana pendidikan yang bisa diberikan sampai dengan Rp300 juta. Jadi tunggu apalagi, kembangkan potensi dirimu dengan pendidikan yang berkualitas. Ajukan di Finpedia