Survei Penjualan Eceran Tumbuh. Ini Tips Dongkrak Penjualan Bisnis Online Kamu

Posted: 10 Jun 2022from: EditorLast updated : 13 Jun 2022

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), kinerja penjualan eceran pada Mei 2022 diperkirakan akan tetap tumbuh positif. Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Mei 2022 sebesar 239,7, atau secara bulanan diprakirakan tumbuh 0,2% (mtm) dan secara tahunan 5,4% (yoy).


Secara bulanan, peningkatan terjadi pada Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya sejalan dengan permintaan masyarakat yang masih tetap kuat. Secara tahunan, penjualan Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, serta Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau diprakirakan tetap tumbuh positif.


Pada periode April 2022, hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan kinerja penjualan eceran meningkat. IPR April 2022 tercatat sebesar 239,2, atau tumbuh 16,5% (mtm), lebih tinggi dari pertumbuhan pada bulan sebelumnya yang sebesar 2,6% (mtm).


Peningkatan terjadi pada sebagian kelompok, yaitu subkelompok Sandang, Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau, serta Peralatan Informasi dan Komunikasi. Peningkatan didorong oleh kenaikan aktivitas ekonomi masyarakat pada periode Ramadan dan menjelang Idulfitri. Secara tahunan, kinerja penjualan eceran tercatat tetap tumbuh tinggi sebesar 8,5% (yoy).


Meskipun tidak setinggi pertumbuhan bulan sebelumnya yang sebesar 9,3% (yoy). Tetap tingginya penjualan eceran terutama ditopang oleh meningkatnya penjualan subkelompok Sandang, serta perbaikan penjualan kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi, dan Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya.​


Dari sisi harga, responden memprakirakan tekanan inflasi pada Juli dan Oktober 2022 (3 dan 6 bulan yad) meningkat. Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Juli dan Oktober masing-masing tercatat sebesar 141,7 dan 137,5, atau meningkat dibandingkan 135,6 dan 129,8 pada bulan sebelumnya, sejalan dengan naiknya harga bahan baku, disertai dengan kenaikan harga BBM dan perkiraan responden terhadap terjadinya kendala distribusi barang.


Tips Dongkrak Penjualan Bisnis Online


Dari data diatas terlihat bahwa roda ekonomi terus berputar. Pelonggaran kebijakan yang dilakukan pemerintah mampu mendorong penjualan ke tingkat yang lebih baik lagi. Nah berikut merupakan tips ampuh untuk kamu yang ingin mendongkrak bisnis online.

 

1. Mulai marketing digital

 

Sekarang, semua sudah beralih ke digital. Mau tidak mau kamu juga harus sudah merambahnya. Namun untuk bisa menentukan strategi pemasaran digital dengan tepat, kamu harus memahaminya dulu.

 

Ikuti pelatihan pemasaran digital atau marketing digital selama 1 bulan paling tidak. Untuk mengetahui bagaimana cara agar bisa memenangkan kompetisi di kancah digital.

 

Selain itu, pelatihan marketing digital atau pemasaran digital juga merupakan bentuk investasi pada diri sendiri. Disana kamu akan mempelajari bagaimana cara untuk menentukan target pasar, channel pemasaran mana yang akan digunakan.

 

Teknik menulis copywriting yang sesuai dan juga bagaimana cara membaca selera pasar. Mulai dari sekarang yuk.

 

2. Gunakan Gambar yang Menarik

 

Salah satu kunci utama dalam pemasaran digital adalah gambar yang mencuri fokus konsumen. Kamu bisa melakukan konsultasi pada desain grafis atau melihat contoh desain yang sekarang sedang happening.

 

Misalnya kamu yang memilki bisnis online di bidang makanan, kamu bisa menampilkan foto yang memperlihatkan bagaimana lezatnya makanan yang kamu jual.

 

Ada beberapa teknik yang bisa kamu pelajari. Pun kamu ingin menggunakan jasa foto professional juga biayanya cukup terjangkau kok.

 

3. Konsistensi Jualan

 

Hal yang kadang suka dilupakan adalah konsistensi. Padahal itu penting lo. Kamu bisa memulainya secara rutin untuk menjajakan barang dagangan kamu setiap hari. Entah itu melalui media sosial ataupun whatsapp status.

 

Saran saja, jika ingin melakukannya setiap hari di instagram misalnya, kamu bisa menggunakan fitur story. Jadi feed kamu bisa bersih dan teratur.

 

4. Catat pengeluaran dan pemasukan

 

Bagi beberapa pelaku usaha, umumnya yang berskala mikro, belum menganggap penting catatan keuangan. Padahal dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi penjualan setiap harinya dan juga melihat beban keuangan mana yang selama ini banyak menyedot kas kamu.

 

Jangan juga lupa untuk memisahkan dana pribadi dan juga dana untuk bisnis. Buat rekening secara terpisah. Sehingga, ketika bisnis yang kamu jalankan memang sedang tidak begitu baik, tidak akan mengganggu keuangan rumah.

 

 Nikmati kemudahan akses pendanaan di Finpedia


Kamu yang saat ini membutuhkan dana cepat untuk ragam kebutuhan, bisa mengakses Finpedia.id. Katalog finansial itu menyediakan ragam produk keuangan dari lembaga perbankan, pembiayaan maupun peer to peer lending.

 

Mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, pinjaman modal usaha, pinjaman instan, pinjaman dana darurat, pinjaman dengan agunan sampai program cicilan biaya pendidikan bisa didapatkan dengan mudah di Finpedia.id.

 

Disana kamu bisa melihat informasi mulai dari suku bunga yang diberikan, jangka waktu, syarat yang dibutuhkan sampai pengajuan bisa dilakukan di Finpedia. Dengan Finpedia, kamu tidak perlu repot untuk mengumpulkan informasi dari produk keuangan yang dibutuhkan dari ragam lembaga keuangan, sepert KTA DBS yang menyediakan pinjaman cuma-cuma dengan limit sampai Rp300 juta. Akses sekarang dan rasakan kemudahan yang bisa dirasakan