Belajar Pentingnya Dana Pensiun, Dari Film Going in Style

Posted: 9 Mei 2022from: EditorLast updated : 9 Mei 2022

Kamu penggemar film apakah sudah pernah melihat film Going in Style? Film yang diperankan oleh aktor lawas, Morgan Freeman dan juga beberapa aktor papan atas lainnya sukses memukau para penonton. Namun selain itu, ada pesan moral terselip yang bisa kamu jadikan pegangan tentang bagaimana pentingnya mengelola dan memiliki dana pensiun.

 

Film bergenre komedi kriminal itu bercerita tentang bagaimana 3 orang kakek yang sudah memasuki masa pensiun namun mengalami masalah keuangan, lantaran dana pensiunnya tidak bisa dicairkan.

 

Namun kesalahan bukan berasal dari mereka, melainkan dari perusahaan yang menyalahgunakan dana pensiun tiga sekawan itu. Dari situlah baru kejadian demi kejadian berlangsung, mulai bagaimana mereka akhirnya memiliki pikiran untuk berbuat kejahatan untuk bisa mencukupi kebutuhan hidupnya.

 

Film yang tayang pada tahun 2017 silam, merupakan reboot film yang tayang ada 1979 silam. Lantas apa saja pelajaran yang bisa diambl dari film Going in Style?

 

1. Penting menentukan perusahaan pengelola dana pensiun

 

Penting untuk menentukan perusahaan yang menjadi pengelola dana pensiun. Kamu bisa memilih Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang terafilisasi dengan perbankan milik negara.

 

Iihat juga bagaimana perusahana tersebut mengalokasikan portofolio investasinya. Berapa persen ke saham, berapa persen ke deposito dan obligasi serta berapa persen ke instrumen investasi lainnya.

 

Dana pensiun menjadi penting, karena itu merupakan sesuatu yang sudah kamu tabung selama bertahun-tahun sepanjang masih aktif bekerja. Dana tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup saat usia sudah tidak lagi produktif atau untuk memulai usaha secara mandiri.

 

Jangan lupa untuk selalu mengecek rekam jejak lembaga keuangan tempat kamu menyimpan dana pensiun kamu. Hal itu perlu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

 

2. Dana darurat harus juga disiapkan

 

Dari film tersebut kita juga belajar bahwa dana darurat tetap harus dipersiapkan meskipun bekerja dan sudah menyiapkan dana pensiun, dana darurat harus tetap disiapkan. Minimal 6 kali pengeluaran 1 bulan.

 

JIka dana darurat sudah dimiliki, jaring pengaman keuangan kamu menjadi bertambah kuat. Karena artinya, jika terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai rencana, kamu masih bisa bernapas cukup panjang sambil mencari solusinya.

 

Dana darurat berbeda dengan tabungan. Kamu harus menyiapkannya untuk hal yang sifatnya mendadak. Jadi setidaknya ada beberapa sumber dana yang bisa kamu manfaatkan saat pensiun tiba.

 

Disamping itu, dana darurat juga bisa digunakan ketika kamu sakit. Sehingga tidak mengganggu dana pensiun ataupun tabungan kamu.

 

3. Siapkan dana pensiun di Reksadana

 

Pun kamu sudah terdaftar sebagai anggota dana pensiun di lembaga keuangan tertentu, tidak ada salahnya memupuk dana pensiun tambahan di platform investasi. Kamu bisa memilih produk reksadana untuk menjadikan wadah untuk dana pensiun kamu kelak.

 

Pilih reksadana yang memang memiliki pengembalian maksimal dalam jangka panjang. Ada beberapa instrumen reksadana yang bisa kamu pilih. Mulai dari reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap ataupun reksadana campuran.

 

Semuanya memiliki tingkat risiko dan keuntungan masing-masing. Tetapi dengan menggunakan reksadana, kamu tidak perlu repot untuk mengatur portofolio investasi secara mandiri.

 

Karena sudah ada manajer investasi yang bertugas mengatur portofolio investasi di masing-masing produk reksadana.

 

Nikmati kemudahan akses pendanaan di Finpedia


Kamu yang saat ini membutuhkan dana cepat untuk ragam kebutuhan, bisa mengakses Finpedia.id. Katalog finansial itu menyediakan ragam produk keuangan dari lembaga perbankan, pembiayaan maupun peer to peer lending.

 

Mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, pinjaman modal usaha, pinjaman instan, pinjaman dana darurat, pinjaman dengan agunan sampai program cicilan biaya pendidikan bisa didapatkan dengan mudah di Finpedia.id.

 

Disana kamu bisa melihat informasi mulai dari suku bunga yang diberikan, jangka waktu, syarat yang dibutuhkan sampai pengajuan bisa dilakukan di Finpedia. Seperti layanan keuangan dari Cairin yang memberikan pinjaman tanpa agunan mulai dari Rp500 ribu sampai Rp5 juta. Bunganya super murah 0,065%!

 

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot untuk mengumpulkan informasi dari produk keuangan yang dibutuhkan dari ragam lembaga keuangan. Akses sekarang dan penuhi kebutuhan darurat kamu segera!