Mau berburu Investasi? Simak 10 Reksa Dana Saham yang Paling Cuan di Tahun 2020

Posted: 5 Jan 2021from: EditorLast updated : 25 Mei 2021

Kamu yang saat ini membutuhkan referensi instrumen investasi, reksa dana saham tampaknya bisa menjadi pilihan yang menarik. Khususnya untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu memperhatikan pergerakan harga saham dan juga memiliki tujuan investasi jangka menengah. Sebagai acuannya, kamu bisa melihat 10 reksa dana saham yang paling menguntungkan di tahun 2020 lalu.


Secara umum, instrumen reksa dana terbagi atas 4 jenis. Yakni Reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana pasar uang dan reksa dana saham. Reksa dana sendiri merupakan instrumen investasi untuk pemodal kecil yang tidak memiliki waktu dan keahlian untuk bisa menghitung risiko atas investasi yang dilakukan.


Itu mengapa, produk reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Selanjutnya, MI inilah yang akan mengelola dana investasi kamu dan juga investor lainnya. Mau dibenamkan di portofolio efek. Sektor investasinya bisa beragam mulai dari saham, obligasi, pasar uang, deposito dan sebagainya.


Semuanya tergantung dari produk reksa dana yang kamu beli. Biasanya saat akan membeli produk reksa dana kamu akan diminta untuk mengisi data untuk mengukur termasuk dalam kategori investor apakah kamu. Konvensional atau moderat, tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan kamu tentang produk reksa dana.


Jika kamu masuk dalam investor yang menginginkan cuan maksimal, reksa dana saham adalah pilihan yang pas. Namun seiring dengan tingkat pengembalian dananya, risiko yang membayangi juga cukup besar.


Nah melansir data Infovesta. Berikut merupakan 10 reksa dana saham paling menguntungkan sepanjang tahun 2020 lalu. Bisa kamu jadikan acuan untuk membeli produk reksa dana di tahun 2021 ini.


Reksa dana saham paling menguntungkan di 2020


1. Pool Advista Kapital Syariah yang mengalami peningkatan harga unit 46,01%

2 Valbury Equity I harga unitnya meningkat 29,09% di tahun lalu

3 Pool Advista Ekuitas Optima Syariah yang meningkat 28,76%

4 Simas Equity Syariah berhasil melonjak 27,57%

5 Aurora SMC Equity yang mengalami peningkatan harga unit 23,72%

6 Pan Arcadia Dana Saham Bertumbuh yang meningkat 22,88%

7 Cipta Saham Unggulan yang berhasil meningkat 21,46%

8 Pan Arcadia Dana Saham Syariah meningkat 20,62%

9 Millenium MCM Equity Sektoral sukses mengalami peningkatan 20,41%

10 Sucorinvest Sharia Equity Fund yang meningkat 19,81%.


(Baca juga: Suka Berbelanja Online? Ini Ciri Website Palsu, Supaya Gak Terjebak)


Apa itu reksa dana saham


Reksa dana sahamadalah jenis reksa dana yang mayoritas penempatan dananya dialokasikan ke efek bersifat ekuitas. Kamu bisa melihat portofolio masing-masing produk reksa dana untuk penempatan sahamnya.


Karena sifatnya jangka panjang, biasanya yang menjadi langganan untuk penempatan dananya adalah saham-saham yang masuk dalam kategori blue chip. Istilah blue chip merujuk pada kondisi perusahaan yang memiliki fundamental keuangan baik.


Sekitar 80% dari total aktiva ditempatkan dalam efek bersifat ekuitas. Itu mengapa tingkat imbal hasilnya bisa lebih tinggi dari jenis reksa dana lainnya. Tetapi jangan lupa, membincang saham ada banyak hal yang menjadi faktor pembentuk harganya.


Selain dari kondisi fundamental perusahaan, sentimen ataupun informasi terkait perusahaan bisa memengaruhi pergerakan harga sahamnya di perdagangan.


Agar lebih aman, jangan benamkan semua dana di satu jenis reksa dana. Lakukan diversifikasi investasi di masing-masing jenis. Hal itu akan membuat risiko dan keuntungannya juga terbagi.


(Baca juga: Mantap. Jakarta Sabet Predikat Kota Terbaik di Dunia !)


Investasi dan usaha


Investasi merupakan hal penting untuk menambah aset keuangan kamu. Tetapi hal yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki usaha.


Banyak orang yang menganggap bahwa gajinya setiap bulan sudah cukup untuk membiayai kehidupannya, sehingga banyak juga yang enggan untuk memulai usaha secara mandiri.


Padahal dengan memulai usaha, kamu sudah mempersiapkan tabungan untuk masa tua nanti. Ditambah, ketika usaha kamu sudah semakin besar, kamu bisa melepas pekerjaanmu dan fokus pada usaha milikmu sendiri.


Mulailah dari sekarang. Mumpung masih sehat tekuni sektor usaha yang memang menjadi kegemaranmu. Modalnya kamu bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman online dari Tunaiku. Ajukan sekarang di Finpedia.id