Tanaman Hias Termahal di Indonesia

Posted: 5 Okt 2020from: EditorLast updated : 17 Apr 2021

Aktivitas berkebun selama pandemi Covid-19 menjadi primadona. Banyak orang yang memamerkan kegiatannya menanam berbagai macam tumbuhan di sela kesibukannya melakukan work from home (WFH) untuk mengusir rasa stres. Alhasil, beberapa tanaman hias tercatat mengalami lonjakan harga yang signifikan, salah satunya adalah tanaman yang dinamakan janda bolong alias monstera.

 

Studi yang dirilis oleh Environmental health Perspective mengatakan, orang yang tinggal di wilayah yang meiliki banyak tanaman memiliki kesehatan mental dan fisik yang jauh lebih baik ketimbang mereka yang hidup dengan wilayah yang jumlah tanamannya sedikit.

 

Bahkan, angka kematian yang dihasilkan juga 30% lebih rendah, lantaran tingkat depresi masyarakatnya juga menurun. Itu pula yang akhirnya menyebabkan banyak masyarakat yang mulai menekuni kegiatan yang mengasyikkan tersebut.

 

Berkebun sendiri adalah serangkaian panjang kegiatan yang melatih kesabaran, ketekunan dan juga kasih sayang. Kamu yang memiliki hobi berkebun, pastinya memiliki tingkat ketenangan yang berbeda dengan orang yang tidak menyukai tanaman.

 

1. Gelombang Cinta

 

Ada beberapa tanaman hias yang mengalami lonjakan harga siginifikan selama aktivitas berkebun menjadi gaya hidup. Dulu pada tahun 2008 lalu, jenis tanaman anthurium Jenmanii atau yang dikenal dengan gelombang cinta sempat menduduki tangga teratas untuk tanaman hias termahal di Indonesia.

 

Bahkan untuk jenis Anthurium Jenwave Black Buise sempat dibandrol di harga Rp250 juta untuk setiap tangkai daunnya. Bagi kalangan hobbies, harga barang yang disukainya, tidak mengenal mahal atau murah. Karena sempat ramai di dunia maya, jenis Anthurium tertentu sampai ada yang laku hingga Rp1,5 milyar.

 

Anthurium sendiri secara historis adalah tanaman yang kerap ditemui di kerajaan pada zaman dinasti di Indonesia.

 

2. Janda Bolong

 

Tanaman yang masuk dalam keluarga monstera ini, untuk jenis tertentu ada yang laku terjual Rp25 juta hingga 50 juta untuk setiap lembar daunnya, Adalah monstera obliqua dan monstera albo variegata yang memiliki harga cukup fantastis.

 

Tanaman ini dulunya berasal dari wilayah Amerika Selatan dan negara lain yang memiliki iklim tropis. Itu mengapa, tanaman Janda Bolong juga mampu tumbuh subur dalam iklim Indonesia.

 

Untuk satu pot tanaman hias Janda Bolong, laku terjual mulai dari Rp100 juta. Tanaman ini juga bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik. Bentuk daunnya memang agak unik, setiap helai daunnya secara natural berbentuk seperti kain yang bolong-bolong.

 

Selama ini, tanaman Janda Bolong banyak di ekspor ke wilayah Eropa, Kanada, Amerika Serikat hingga Korea Selatan. Namun karena tingginya permintaan dari tingkat domestik, janda bolong kini fokus di jual di dalam negeri. Terbatasnya jumlah tanaman tersebut menjadi salah satu alasan kenapa harganya terus melambung di tengah tingginya permintaan.

 

3. Anggrek hitam Papua


Jenis tanaman hias lain yang juga memiliki harga selangit adalah anggrek hitam yang berasal dari wilayah Papua.

 

Tanaman yang anggun ini hanya bisa ditemui di belantara Papua, Kamu harus merangsek masuk ke lebatnya hutan untuk bisa mendapatkan salah satu jenis tanaman langka tersebut.

 

Negeri ini memang menyimpan banyak sumber daya alam yang luar biasa. Varietas anggrek hitam sebenarnya pertama kali ditemukan di wilayah Kalimantan. Namun anggrek hitam yang berada pulau borneo berbeda dengan anggrek hitam yang berasal dari Papua.

 

Anggrek hitam yang berasal dari Kalimantan memiliki helai bunga berwarna hijau. Sedangkan varietas anggrek hitam dari Papua, kelopak bunga bagian luar maupun dalam berwarna hitam pekat dengan warna putik bunga yang memiiki warna cerah.

 

Perpaduan yang kontras tersebut menjadikan anggrek hitam Papua laku terjual hingga ratusan juta rupiah. Ditambah, proses pembudidayannya sangat sulit dilakukan di luar habitatnya.

 

Namun Anggrek hitam papua masuk dalam salah satu tanaman yang dilindungi. Jadi kamu harus memastikan bahwa tumbuhan yang kamu miliki dan inginkan adalah legal secara hukum.

 

4. Aglaonema


Tanaman hias mahal lainnya memiliki nama lain chinese evergreen alias aglaonema. Kebanyakan hobbies menyebutnya sebagai tanaman sri rejeki. Tanaman cantik ini mudah beradaptasi dengan iklim ruangan, sehingga banyak orang yang mencarinya untuk djadikan tanaman penghias sudut ruangan.

 

Harga satu potnya bervariasi, mulai dari Rp1,5 juta hingga ratusan juta rupiah Jenisnya juga beraneka ragam. Gradasi warna yang ada dalam tiap lembarnya, menjadikan aglaonema sebagai salah satu tanaman rupawan yang diburu oleh para hobbies.

 

Kamu yang memiliki tanaman jenis ini, bisa menginventarisir terlebih dahulu, Jenis tanaman apa saja yang kamu punya. Lalu mulai riset untuk mengetahui besaran harga tanaman yang kamu miliki di pasaran.

 

Manfaatkan momentum ini untuk mendapatkan keuntungan. Kamu juga bisa melakukan budidaya untuk tanaman tertentu, Modalnya bisa menggunakan pinjaman online Ajukan sekarang di Finpedia dan temukan produk keuangan yang cocok untuk kebutuhanmu.