Hindari Makanan Ini saat Pandemi. Biar Kamu Makin Sehat

Posted: 7 Okt 2020from: EditorLast updated : 17 Apr 2021

Belum ada data pasti yang menyajikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Sampai dengan saat ini, jumlah korban poitif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai kisaran 311 ribu orang dan trennya masih menunjukkan kenaikan. Sementara di level dunia, jumlah korban positif sudah menapai angka 35 juta jiwa. Perlu strategi jitu bagi kamu semua untuk bisa tetap sehat dan aman di tengah pandemi, Salah satunya adalah dengan menghindari makanan yang berpotensi menurunkan imunitas tubuh.

 

Sesuai dengan jenisnya, virus Covid-19 adalah virus self limiting disease, alias virus yang akan hilang dengan sendirinya melalui perlawanan imunitas tubuh. Namun karena dampaknya yang akut dan multi organ, membuat pemerintah harus mengeluarkan kebijakan khusus untuk menghindari penyebaran virus menjadi lebih luas lagi.

 

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari virus Covid-19 adalah dengan memperbanyak asupan makanan yang bergizi dan menjaga pola hidup sehat. Dengan begitu, imunitas tubuh akan menguat dan benteng pertahanan tubuh terhadap serangan virus juga semakin tebal.

 

Ada banyak makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga imunitas, namun terpenting adalah kamu harus memperhatikan asupan makanan yang ada. Nah berikut merupakan jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari dalam kondisi pandemi seperti sekarang.

 

1. Makanan tinggi gula


Memakan makanan manis memang mengasyikkan. Kamu bisa menjadi lebih bertenaga sesudah menyantapnya. Kandungan glukosa yang ada pada gula diubah oleh tubuh menjadi energi.

 

Batas konsumsi gula harian yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan adalah 50 gram per hari atau sekitar 5 hingga 9 sendok teh. Karena selain gula yang berasal dari makanan, tubuh kita juga masih menyimpan cadangan energi dalam bentuk glikogen yang bisa digunakan untuk sumber energi.

 

America Heart Association (AHA) menyarankan konsumsi gula harian adalah setengah dari kalori harian. Maklum, ada banyak efek buruk jika kamu mengonsumsi gula secara berlebih setiap harinya.

 

Mulai dari penyakit liver, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit kronik lainnya yang membahayakan kesehatan. Kandungan gula banyak ditemui dari makanan seperti nasi putih contohnya.

 

Nasi putih yang hangat memilki indeks glikemik yang tinggi. Alhasil gula darah kamu juga akan lebih cepat naik ketika mengonsumsi. Nasi putih yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah nasi putih dingin.

 

Kamu juga bisa membatasinya dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah. Sejatinya nasi adalah sumber karbohidrat yang paling baik untuk tubuh asal dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan. Selain itu, perhatikan juga kandungan gizi yang terdapat dalam label kemasan makanan. Lalu hitung kebutuhan kalori hariannya.

 

2. Tinggi garam


Selain gula, makanan yang sebaiknya dihindari kala pandemi adalah makanan yang memiliki tinggi garam. Kementrian Kesehatan menyarankan batas konsumsi hari garam adalah 1 sendok teh.

 

Itu sudah termasuk garam untuk masakan lo. Karena selain menyebabkan penyakit darah tinggi, makanan yang mengandung tinggi garam juga mampu membuat imunitas tubuh melemah.

 

Hal tersebut terkemuka dari hasil penelitian University Hospital of Bonn. Jadi ketika ginjal mengeluaran sisa sodium, kemampuan tubuh dalam membasmi bakteri juga akan berkurang.


3. Soda


Minuman soda biasanya memiliki tingkat kandungan gula yang sangat tinggi. Hal itu mampu memicu terjadinya obesitas pada tubuh. Selain itu terdapat kandungan fosfor dalam minuman berkarbonasi yang mampu menyebabkan penipisan kalsium. Padahal kalsium berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

4. Alkohol


Alkohol juga menjadi salah satu jenis asupan yang menurunkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dengan interval yang pendek bisa menggerus imunitas tubuh.

 

Artinya, kamu akan menjadI lebih rentan terpapar virus Covid-19 dan penyakit lainnya. Mulailah menjalankan gaya hidup sehat, rutin berolahraga dan kelola stres dengan baik.

 

Karena dengan begitu, imunitas tubuh juga menjadi semakin terjaga dan kuat. JIka membutuhkan modal usaha, tidak perlu stres. Kamu bisa ajukan pinjaman online di Finpedia

 

Mengelola keuangan juga dipercaya mampu menurunkan tingkat stres. Jadi kelola keuanganmu dengan baik, jangan sampai kamu malah jadi stres karena tidak punya keuangan yang cukup.