5 Ide Bisnis Kekinian, Modalnya Gak Sampai Rp10 Juta Pakai KTA

Posted: 7 Aug 2020from: EditorLast updated : 15 Sep 2021

Berbagai cara dilakukan untuk meraih kemandirian secara finansial. Pasalnya, dengan sudah menyandang status tersebut, keleluasaan dalam menjalankan hidup bisa dilakukan. Kamu yang saat ini masih berstatus sebagai karyawan, tentu saja ingin mendapatkan tambahan pendapatan agar sisi finansial kamu bisa segera mandiri. Urusan modal, gak perlu pusing, pakai saja fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA).


Ada banyak ide bisnis yang pastinya menggelayut di pikiran. Namun sayangnya, banyak dari ide brilian tersebut menguap emtah kemana lantaran tak kunjung di eksekusi.


Hal pertama dalam menuju sukses yang harus dilakukan adalah memulai. Ya, dengan memulainya kamu paling tidak sudah jauh maju selangkah dibanding orang lain.


Mulai realisasikan ide kamu dan nikmati prosesnya. Dengan begitu kamu bisa belajar dari pengalaman sendiri. Hal itu memiliki nilai yang jauh lebih mahal dibanding bentuk investasi manapun. 


Tidak perlu langsung besar. Awali dengan usaha yang kecil, namun jelas prosesnya. Pahami alurnya dari hulu hingga hilir, mulai dari produksi hingga penjualannya. 


Dengan begitu, kesuksesan hanyalah masalah konsistensi. Karena seiring berjalannya waktu orang akan bisa melihat bagaimana produk yang kamu sajikan. Urusan modal kamu bisa megggunakan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) dari lembaga perbankan. 


Untuk memudahkan proses pengajuan, akses Finpedia.id dan temukan produk keuangan yang cocok dengan kebutuhan kamu. Sambil berjalan, kamu bisa ikuti 5 ide bisnis kekinian yang modalnya mini, simak yuk


(Baca juga: Selain dari Menyanyi, Ini Sumber Pendapatan Gisella Anastasia. Mantap!)


1. Es Kopi Susu


Bisnis ini sudah menjamur di banyak tempat. Budaya minum kopi di Indonesia sudah mengakar begitu kuat. Bahkan kebiasaan tersebut sudah diperkenalkan sejak zaman kolonial Belanda di abad 16.


Kala itu, petani Indonesia hanya boleh menanam tanaman kopi tanpa boleh merasakannya. Hasil tanamnya kemudian di ekspor ke wilayah Eropa. Namun karena keinginan kuat, petani Indonesia akhirnya tetap bisa mencicip kopi dengan cara mengumpulkan biji kopi dari kotoran musang atau luwak.


Sekarang, jenis kopi tersebut bahkan sudah terkenal seantero dunia. Uniknya cita rasa dan juga kandungannya yang memilki kadar kafein lebih rendah menjadikan kopi luwak asal Indonesia selalu diburu oleh para penikmat kopi di dunia. 


Nah sekarang, budaya minum kopi sudah berubah menjadi gaya hidup. Masuknya perusahaan kopi asing menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya pergeseran tersebut. Sekarang, kopi sudah menjelma menjadi sebuah industri,.


Hampir di setiap sudut pusat perbelanjaan, bisa dengan mudah ditemukan tempat ngopi modern yang asyik. Beranjak ke wilayah perumahan, ada banyak juga pelaku usaha yang menjajakan produk kopi racikannya khusus untuk penikmat minuman hitam nan pahit itu.


Namun modifikasi terus dilakukan dalam penyajian produk dan juga teknik pemasaran, hingga akhirnya tercipta produk Es Kopi Susu. Sekarang varian produk tersebut merupakan barang yang dicari oleh para milenial.


kamu bisa ikut masuk dan menjajal manisnya bisnis Es Kopi Susu. Modal awal yang dibutuhkan tidak sampai Rp10 juta, diluar tempat. Kamu hanya memerlukan beberapa peralatan untuk menyeduh kopi secara manual (manual brew).


Gunakan konsep pemasaran yang unik dan berbeda dari biasanya lewat media sosial. Maka bisnis kopi kamu bisa mulai berjalan. Banyak juga yang memulai bisnis ini dengan konsep street coffee shop, alias warung kopi pinggir jalan.


Menggunakan tenda terpal sebagai atapnya, tetapi kopi yang disajikan bukan jenis kopi sachetan. Melainkan di giling secara langsung begitu di pesan.

Untuk meminimalisir pengeluaran modal, kamu bisa memanfaatkan platform media sosial sebagai etalase toko kamu.  


2. Gula Aren Cair


Banyaknya peminat kopi memang membuat jumlah warung kopi kian menjamur. Nah kamu bisa memanfaatkan ceruk tersebut untuk berjualan salah satu bahan pelengkapnya, gula aren cair.


Kamu bisa menjajakannya ke pelaku usaha warung kopi atau langsung ke penikmat kopi. Caranya juga mudah, hanya dengan mencairkan gula aren menggunakan panci. 


Setelah itu, kemas dengan botol. Gunakan botol berukuran maksimal 1 liter untuk penjual kopi, sementara untuk para penikmat kopi, kamu bisa menjajakan barang dagangan kamu dengan botol berukuran mulai dari 250 mili liter (ml).


Disini kamu harus memastikan bahwa kualitas gula aren yang dimasak adalah gula berkualitas tinggi. Tidak bau tengik dan bersih dari ampas. Kamu juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk memasarkan produk gula aren cair. 


3. Takoyaki


Makanan asal Negeri Sakura itu berhasil mendapatkan hati di masyarakat. Kamu bisa membeli bahan adonannya melalui toko online ataupun di toko tradisional.


Gunakan isian berupa kaki gurita yang dipotong kecil. Kamu juga bisa menggantinya dengan potongan sosis ataupun daging asap.Setelah itu, taburkan dengan potongan daging ikan kering diatasya. Cari lokasi yang strategis untuk memulainya. Tempat yang dekat dengan sekolah atau didalam perumahan bisa dijadikan lokasi awal untuk memulai bisnis. 


(Baca juga: Menilik Perbedaan Ponzi dan MLM yang Lagi Happening)


4. Minuman Boba


Minuman asal Taiwan ini juga pernah viral di masyarakat. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya secara waralaba. Rasanya yang manis dipadukan dengan boba yang terbuat dari tepung tapioka menjadikan jenis minuman ini memilki cita rasa yang menyegarkan.


Target pasar dari bisnis ini adalah anak-anak dan remaja. Disini pemilihan lokasi juga menjadi hal utama untuk dipikirkan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan lapak toko online untuk kamu jajakan barang dagangan disana. Ya, aktivitas belanja online sudah menjadi hal sehari-hari yang dilakukan oleh milenial, sesuai dengan target pasar kamu. Untuk menciptakan sisi unik, kamu bisa menambahkan beberapa toping seperti puding dan lainnya. 


5. Lumpia goreng


Adanya pandemi Covid-19 membuat banyak aspek kehidupan berubah, termasuk soal makanan sehat. Dewasa ini, bisnis makanan sehat juga mulai menunjukkan geliatnya. Kamu bisa ikut andil dalam segmen tersebut melalui lumpia goreng. Lalu bukannya gorengan itu tidak sehat? Nah disini pola pemasaran jitu harus kamu gunakan. Kamu bisa meyakinkan calon pembeli dengan menampilkan cara pembuatan yang sehat.


Semisal, kamu memasaknya menggunakan air fryer, kemudian bahan yang digunakan juga bahan organik. Dengan begitu, kamu sudah menciptakan positioning atas produk kamu sendiri. 


Jangan gunakan daging sebagai isian, pakailah kombinasi sayuran dan juga saus yang beragam. Sehingga cita rasa lumpia yang kamu jual menjadi kaya. 


Butuh Modal, Pakai KTA Saja, Mudah!


Untuk mencukupi kebutuhan modal usaha, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) Tunaiku yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan. Untuk memudahkan proses pencarian produk keuangan yang tepat, akses Finpedia.


Disana kamu bisa membandingkan sekaligus mengajukan produk keuangan mana yang paling cocok untuk kebutuhan bisnis kamu. Mulai dari mendapatkan bunga terendah, tenor terpanjang dan berbagai kelebihan lainnya.


Tak perlu repot keluar masuk kantor cabang untuk mendapatkan informasi keuangan. Kamu juga bisa melakukan simulasi kredit lho. Jadi data yang kamu butuhkan sudah lengkap, dan bisnis tinggal dijalankan.