Tahun Baru, Usaha Baru Juga dong

Posted: 10 De00 2020from: EditorLast updated : 28 Mei 2021

Tidak terasa, tahun 2020 sudah akan berakhir dan siap berganti tahun. Adanya pandemi Covid-19 membuat semuanya terasa singkat. Namun harapan tetap perlu digantungkan ya. Kamu sudah buat rencana apa di tahun 2021 mendatang? Jangan hanya menjadi followers, jadilah trendsetter dengan menciptakan tren usaha baru di tahun yang juga baru. Modal usahanya bisa kamu dapatkan lewat kredit online


Saat ditanya soal rencana usaha, pasti ada banyak ide dan pikiran yang terlintas di pikiran. Mulai dari usaha makanan jadi, bumbu makanan, makanan instan, minuman kekinian, fashion, jasa atau banyak lagi jenis usaha yang mungkin terlintas di pikiran.


Tetapi jangan cuma dipikirkan. Realisasikan dengan baik ide-ide usahamu. Jangan lagi mengelur tidak ada modal atau sulit untuk mendapatkan modal guna memulai usaha. Sekarang zamannya teknologi, kamu bisa mendapatkan kredit online dengan mudah untuk memulai usahamu. Namun ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa memulai usaha baru adalah. Diantaranya adalah seperti dibawah ini.


1. Sesuaikan dengan passion


Semua hal yang sesuai dengan passion pasti akan terasa menyeanangkan untuk dijalankan. Misal, kamu memiliki passion dibidang memasak, maka mulai sekarang coba asah hal itu untuk bisa memiliki daya jual.


Selain itu, buat kamu yang hobi ngopi di cafe saat sore, bisa juga belajar untuk mempelajari bagaimana cara menghasilkan kopi yang enak namun juga sehat.


JIka kamu bisa memulai usaha yang sesuai dengan passion, maka hidup kamu akan menjadi lebih tenang. Karena banyak orang yang memimpikan bisa bekerja sesuai hobinya.


Tingkatkan kualitas diri kamu, maka dengan begitu lingkungan sosial kamu dengan sendirinya juga akan meningkat. Kamu bisa dengan mudah menimba ilmu atau bertukar pikiran tentang apa yang ingin kamu lakukan.


(Baca juga: Korupsi dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Negara)


2. Lakukan riset


Banyak pelaku usaha baru yang akhirnya terpaksa harus menyerah lantaran modalnya habis untuk menjalankan usaha. Sayangnya usahanya tidak berjalan sebagaimana harapan. Ada faktor-faktor yang luput dalam proyeksi usaha yang dijalankan.


Nah buat kamu yang ingin memulai usaha, lakukan riset mendalam tentang produk yang kamu jual. Lakukan riset di semua faktor, tidak hanya soal modalnya saja, karena toh modal usaha bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat kredit online.


Mulai dari bagaimana ketahanan produk kamu, tingkat kompetisinya, harga jualnya, kemasan yang paling baik digunakan, siapa saja yang membeli, bagaimana daya belinya, lalu jika daya belinya mengalami gangguan hal apa yang harus dilakukan.


Kemudian riset juga tentang bahan baku, jika sewaktu-waktu bahan baku habis, kamu bisa mencarinya dimana, berapa ongkos yang diperlukan untuk mendapatkannya dan hal detail lainnya.


Buat riset secara mendalam. Jika perlu, buat turunan dari setiap pos keuangan yang ada. Sehingga kamu bisa melakukan langkah mitigasi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.


Seperti untuk mendapatkan modal usaha secara cepat, skema apa lagi yang bisa kamu dapatkan selain mengajukan kredit online. Berapa suku bunganya, tenornya bagaimana, perlu agunan atau tidak dan sebagainya.


3. Jangan jadi followers


Agar usaha baru bisa bertahan tidak hanya di tahun baru, jangan hanya menjadi followers. Pikirkan sektor usaha apa yang mungkin belum digarap atau bisa dimodifikasi dari usaha yang sudah ada.


Jadi kamu tidak ikut berebut di kue yang sama. Kamu bisa menciptakan peluang kamu sendiri. Seperti misalnya ada jenis usaha kopi kekinian yang saat ini sedang naik daun. Untuk memulai usaha baru, kamu bisa terjun ke bisnis kopi, tetapi buatlah inovasi dan juga modifikasi dari produk yang kamu jajakan.


Sehingga konsumen akan bisa langsung mengenali bahwa minuman yang dijual dengan rasa yang unik seperti itu hanya ada di kamu.Usaha rintisan yang sedang dijalankan dengan sendirinya langsung mendapatkan tempat dihati masyarakat.


Lalu untuk kamu yang memilki passion di bidang makanan, kamu bisa mencoba menjajakannya dengan kemasan yang berbeda. Seperti dendeng kalengan atau rendang kalengan dan sebagainya.


Jangan hanya terfokus pada jenis penyajian yang sudah ada. Kamu harus bisa mencari cara bagaimana usaha kamu memiliki keunikan tersendiri. Dengan begitu, kamu sudah menciptakan tren sendiri.


(Baca juga: Mengenal Sistem Kerja Bank dan Bagaimana Proses Bisnisnya)

4. Jangan campur dana pribadi dengan modal usaha


Kamu yang sudah membulatkan tekad untuk memulai usaha, jangan campur rekening pribadi kamu dengan rekening untuk modal usaha. Karena dengan begitu secara psikologis, kamu akan sulit membaginya antara mana uang untuk kebutuhan pribadi dan mana uang untuk modal usaha.


Jika saldonya masih ada, kamu yang kebetulan membutuhkan modal usaha, pasti akan gatal untuk menggunakan uang pribadi. Padahal peruntukan awalnya bukan untuk hal itu. Begitu pula sebaliknya, untuk kamu yang kebetulan sudah habis uang pribadinya, maka dengan sendirinya juga akan menggunakan uang yang sebetulnya untuk modal usaha.


Jadi pisahkan dari sekarang mana uang untuk modal usaha dan mana untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa memanfaatkan dana kredit online untuk merintis usaha baru. Caranya adalah dengan menghitung secara detail berapa besaran dana yang dibutuhkan untuk memulai usaha.


Mulai dari sewa tempat, pembelian bahan baku, modal pemasaran, tenaga kerja, rencana pengembangan kedepannya dan hal lain yang dibutuhkan. Setelah itu kamu bisa ajukan kredit online untuk memulainya.


Ajukan sesuai dengan kebutuhan, jadi tidak ada ruang untuk kamu membelanjakannya di luar kepentingan usaha. Apapun yang terjadi, dana tersebut memang digunakan untuk modal usaha.


Kadang memang kamu harus bisa bersikap tegas kepada diri sendiri untuk mengatakan tidak pada hawa nafsu. Karena jika tidak begitu, kamu hanya akan menghabiskannya untuk kepentingan yang sebenarnya tidak begitu penting. Karena perlu diingat, kredit online adalah dana utang yang memiliki biaya dana, Kamu harus mengembalikannya sesuai dengan perjanjian kredit.


Dengan menggunakannya untuk modal usaha, kamu juga jadi bisa berpikir bahwa menjalankan usaha tidak bisa dengan seenaknya. Ada pertanggung jawaban yang harus kamu lakukan, yakni untuk mengembalikan modal usaha lewat kredit online.


Kamu akan terbiasa menjadi pribadi yang tangguh dan juga disiplin. Ada banyak kredit online yang bisa kamu gunakan untuk memulai usaha. Pilihlah lembaga kredit online yang memberikan suku bunga terendah dan tenor terpanjang.


Terpenting kamu harus bisa menjamin bahwa kredit online yang kamu ajukan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan tergiur dengan iming-iming kemudahan pengajuan dari orang yang tidak bertanggung jawab, karena hal itu hanya akan menambah berat beban keuanganmu.


Kamu bisa melihatnya di Finpedia.id. Disana terdapat banyak lembaga keuangan yang bisa memberikan fasilitas kredit online untuk modal usaha kamu. Ditambah, lembaga keuangan yang ada di Finpedia adalah lembaga keuangan resmi dan tercatat di OJK.


Jadi kamu tidak perlu khawatir akan proses yang merugikan. Kamu juga bisa melihat dan membandingkan maka suku bunga terbaik yang bisa didapatkan dari masing-masing lembaga keuangan di Finpedia.


Yuk persiapkan diri kamu menjadi gerbang kesuksesan bagi keluarga kamu tercinta. Mulai dari sekarang agar kedepannya bisa semakin mudah.