2023 Menanti, Siapkan 5 Strategi Keuangan Ini

Posted: 29 De00 2022from: EditorLast updated : 29 De04 2022

Tahun baru, awal yang baru dan tentunya harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Salah satunya adalah memiliki pengelolaan keuangan yang lebih baik. Memang tak harus menunggu pergantian tahun untuk mengelola keuangan yang baik. Namun karena sekarang sudah di penghujung tahun, tak ada salahnya jika Anda berkomitmen memiliki kehidupan finansial yang lebih baik dan terencana untuk tahun depan dan selanjutnya.

 

Resolusi keuangan adalah bagian penting dari resolusi kehidupan kita. Artinya, Anda perlu membuat rencana sebagai target capaian dalam mengelola urusan finansial.

 

Untuk mewujudkan resolusi keuangan, ada tiga hal yang perlu diperhatian yakni Anda harus benar-benar memahami keinginan, kebutuhan dan kemampuan. Anda bisa mengawali tahun baru dengan lima strategi keuangan berikut ini.

 

1. Harus Punya Tujuan Keuangan

 

Jangan hanya menabung atau berinvestasi tanpa tujuan keuangan. Memiliki tujuan keuangan sangat penting, salah satunya agar bisa mengontrol keinginan Anda. Karena itu, susun tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

 

Misalnya, tujuan memiliki tabungan di bank sebanyak 25 juta pada 2 tahun ke depan, dan ingin memiliki mobil pribadi dalam 3 tahun. Bisa juga dengan menargetkan memiliki rumah sendiri pada 10 tahun ke depan, dan menunaikan ibadah haji 15 tahun ke depan.

 

Dengan adanya tujuan, Anda bisa menyusun rencana keuangan untuk mencapainya. Misalnya untuk biaa naik haji, maka Anda menargetkan menabung sebesar Rp. 500.000 per bulan untuk dana naik haji selama 15 tahun. Sesuaikan perencanaan tersebut dengan kondisi keuangan Anda. Pertimbangkan pembagian pemasukan Anda untuk pos-pos keuangan yang lain.

 

2. Jangan Paksakan Tujuan Keuangan

 

Memang benar kita harus memiliki tujuan keuangan. Namun, jangan memaksakan semuanya harus terwujud sekaligus. Perhatikan juga kemampuan Anda. Jika sulit menambah pendapatan, tentunya lebih mudah mengurangi keinginan atau pengeluaran.

 

Karena itu, jika ada keinginan yang terlalu memberatkan, jangan dipaksakan sebagai tujuan keuangan Anda untuk 2023. Namun tetap dapat dicantumkan sebagai tujuan jangka panjang yang perlu dicapai pada waktu berikutnya. Ingat, Anda harus optimis sekaligus tetap realistis dalam mengatur keuangan.

 

 

3. Atur Gaya Hidup

 

Anda harus bisa mengatur gaya hidup lebih baik. Terutama jika penghasilan yang didapat terasa pas-pasan. Istilahnya jangan sampai “besar pasak daripada tiang” karena lebih mengutamakan gaya hidup. Apalagi jika sampai memiliki gaya hidup konsumtif, yang akibatnya membuat keuangan berantakan.

 

Supaya terhindar dari gaya hidup konsumtif, coba kenali mana yang benar-benar kebutuhan dan keinginan. Punya keingingan itu boleh saja, asal jangan sampai mengganggu kebutuhan Anda dan keluarga.

 

Pertama dan utama, pastikan kebutuhan Anda dapat tercukupi dengan baik dan tepat waktu, dengan menghitung prediksi pendapatan dan pengeluaran. Agar tidak ada yang terlewat, luangkan waktu untuk menuliskannya secara rinci. Tuliskan juga apa saja yang menjadi keingingan Anda di luar kebutuhan tadi.

 

4. Punya Dana Darurat

 

Nah ini juga tak kalah penting. Jangan lupa sisihkan pendapatan Anda untuk tabungan dana darurat. Dana ini jangan digunakan untuk kebutuhan belanja. Tujuan dana darurat ini untuk hal-hal yang mendesak.

 

Dana darurat ini akan sangat bermanfaat untuk segala keperluan mendadak dan tak terduga. Sebagai langkah awal, minimal Anda punya dana darurat tiga kali pengeluaran bulanan. Karena itu, setiap orang memiliki besaran dana darurat berbeda.

 

5. Investasi

 

Memiliki investasi juga tak kalah penting dari tabungan di bank. Sederhananya, tujuan investasi adalah memberikan keuntungan secara finansial untuk kebutuhan masa depan.

 

Ada banyak tujuan dan keuntungan investasi selain itu, di antaranya untuk menambah aset dan harta kekayaan, mempersiapkan kondisi finansial yang stabil di masa depan, atau mempersiapkan dana pensiun, serta membentuk dan memupuk kebiasaan gaya hidup hemat. Selain itu juga bisa sebagai dana darurat, untuk tujuan keuangan di masa depan, dan memberikan proteksi terhadap aset dari tekanan inflasi, atau menjaga nilai uang dari inflasi.

 

Mulai dari investasi kecil terlebih dahulu, tapi harus konsisten. Misalnya, alokasikan 3 persen atau 5 persen dari gaji Anda untuk investasi. Asal disiplin dan konsisten, investasi Anda akan bertambah.

 

Kunci dari perencanaan keuangan yang baik adalab disiplin. Resolusi yang juga penting untuk diterapkan tahun depan adalah melatih diri untuk lebih disiplin menyisihkan uang, bukan menyisakan.

 

Butuh Dana Cepat untuk Penuhi Kebutuhan? Cari di Finpedia Saja!

 

Jika kamu butuh dana cepat untuk menutupi segala kebutuhan pentingmu, bisa akses Finpedia.id untuk mengajukan berbagai produk finansial terbaik.

 

Finpedia.id menyediakan berbagai produk finansial dari lembaga perbankan, pembiayaan, hingga P2P Lending.

 

Adapun produk finansial yang disediakan diantaranya adalah kartu kredit, pinjaman darurat, modal usaha, kredit tanpa agunan, kredit dengan agunan, dan masih banyak lagi.

 

Di Finpedia.id, kamu bisa cek kelengkapan informasi produk finansial mulai dari suku bunga yang diberikan, tenor, syarat yang dibutuhkan sampai pengajuan bisa dilakukan di Finpedia.id.

 

Salah satunya, kamu bisa ajukan layanan pinjaman secara online dari Easy Cash yang menyediakan pinjaman instan mulai dari Rp200 ribu sampai Rp10 juta.

 

Mudah dan praktis bukan? Karena kamu tidak perlu repot untuk mengumpulkan informasi dari produk keuangan yang dibutuhkan dari ragam lembaga keuangan. Akses sekarang dan penuhi kebutuhan darurat kamu segera!