PENGGUNAAN LAYANAN AGGREGATOR FINPEDIA
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Aggregator ini (“S&K”) dibuat oleh Finpedia untuk menetapkan syarat, ketentuan-ketentuan dan perikatan hukum yang mengikat Anda atas akses terhadap Platform Finpedia dan/atau pemanfaatan Layanan Finpedia oleh Anda. Dengan mengakses Platform dan/atau memanfaatkan Layanan Finpedia, Anda secara sah:
- Mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami seluruh isi S&K;
- Setuju untuk terikat secara hukum pada S&K; dan
- Mengetahui setiap akibat hukum dari keberlakuan S&K serta konsekuensi hukum berupa pelanggaran atas S&K sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 11 dan 14 S&K ini.
Fakta bahwa anda: (i) mengakses Platform dan/atau (ii) memanfaatkan Layanan Finpedia, hal tersebut adalah wujud pernyataan kesepakatan Anda yang sah berdasarkan Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUH Perdata”) terhadap S&K dan diakui sebagai alat bukti yang sah dihadapan pengadilan berdasarkan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik berikut perubahannya dari waktu ke waktu.
Jika Anda tidak setuju dengan ketentuan dan/atau isi dalam S&K ini atau tidak dapat memahami isi S&K ini, mohon tidak mengakses dan menggunakan Layanan pada Platform termasuk mengajukan Aplikasi Permohonan.
Jika Anda tidak setuju untuk mengikatkan diri pada S&K ini, maka Anda dapat menghentikan dan/atau menonaktifkan Platform serta berhenti memanfaatkan Layanan Finpedia. Dengan melanjutkan penggunaan dari Platform dan Layanan, berarti Anda telah menyetujui S&K ini dan setiap perubahan terhadap S&K ini yang berhak dilakukan Finpedia dari waktu ke waktu dengan memberitahukannya kepada Anda.
PENAFIAN/DISCLAIMER
- Peran Finpedia hanya bersifat administratif dan sebagai fasilitator serta perantara dalam pencarian dan perbandingan Produk Jasa Keuangan dari Mitra LJK sertapengajuan Aplikasi Permohonan dari Anda kepada Mitra LJK. Sehingga, kewajiban, risiko, dan akibat hukum yang timbul dari atau sehubungan dengan perjanjian atau kesepakatan antara Anda dengan MitraLJK merupakan tanggung jawab Anda dan Mitra LJK yang bersangkutan.
- Finpedia maupun lembaga, institusi, atau otoritas negara yang mengatur atau mengawasi Finpedia tidak dapat dilibatkan dan tidak bertanggung jawab atas seluruh akibat hukum, resiko dan/atau kerugian yang dialami oleh Anda sehubungan dengan kesepakatan atau pelaksanaan perjanjian antara Anda dengan Mitra LJK terkait pemanfaatan Produk Jasa Keuangan dari Mitra LJK oleh Anda.
- DEFINISI/INTERPRETASI
Definisi
1.1 Untuk tujuan S&K ini, istilah yang didefinisikan dalam Pasal ini, dan di manapun dalam S&K ini, akan memiliki arti sebagai berikut:
Aplikasi Permohonan adalah permohonan perolehan Pinjaman yang diajukan oleh Pengguna kepada Mitra LJK melalui Platform.
“Asosiasi” adalah Asosiasi Fintech (AFTECH) yang secara sah ditunjuk oleh OJK untuk melakukan pengawasan atas kegiatan usaha aggregator berdasarkan POJK 13.
“Data Pribadi” adalah data, informasi dan/atau keterangan mengenai atau terkait Pengguna yang diperoleh dan/atau diakses Finpedia dari Pengguna dan/atau disingkapkan, dicantumkan dan/atau diberikan oleh Pengguna kepada Finpedia dalam atau terkait penggunaan Layanan Finpedia oleh Pengguna melalui Platform dengan cakupan Data Pribadi yang diatur dalam ketentuan Pasal 4.2 S&K ini yang selaras dengan cakupan Data Pribadi yang diatur dalam Kebijakan Data Pribadi.
“Hukum” adalah setiap undang-undang dan peraturan, surat keputusan atau kebijakan yang memiliki kekuatan hukum termasuk peraturan daerah, dan perundangan bawahan lainnya, persyaratan dan pedoman dari pemerintah pusat, provinsi, wilayah, kotamadya, kabupaten, atau pemerintahan regional atau otoritas gabungan pemerintahan dan swasta, termasuk yang dari Republik Indonesia dan yuridiksi terkait lainnya, dan termasuk kementerian, departemen, komisi, biro, dewan, administratif dan atau lembaga atau badan pengatur atau instrumen lain darinya yang secara hukum disyaratkan untuk dipatuhi oleh suatu pihak, termasuk hukum dan keadilan bersama.
“Kebijakan Data Pribadi” adalah Kebijakan Perlindungan dan Pemanfatan Data Pribadi yang mengatur perihal hak Finpedia dalam memperoleh dan menggunakan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan tujuan dan batasan yang diatur dalam Kebijakan Data Pribadi yang disetujui dan mengikat Pengguna saat Pengguna memanfaatkan Layanan Finpedia .
“LAPJK” adalah “Layanan Aggregator Produk Jasa Keuangan” disediakan Finpedia bagi Pengguna melalui Platform yang berfungsi membantu Pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai produk dan layanan jasa keuangan dengan menghimpun informasi, menyaring dan memperbandingkan produk dan layanan jasa keuangan antara Mitra LJK secara digital untuk dapat diajukan Aplikasi Permohonan.
“Layanan” adalah kegiatan usaha Finpedia di bidang jasa penyediaan LPAJK berdasarkan POJK 13 yang disediakan Finpedia sesuai dengan kebijakan, aturan ataupun prosedur internalnya yang dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai diskresinya.
“Mitra LJK” adalah lembaga jasa keuangan yang telah terdaftar atau memperoleh izin usaha dari OJK yang bekerjasama dengan Finpedia dan terdaftar pada Platform untuk memasarkan dan menawarkan produk jasa keuangannya kepada Pengguna.
“OJK” adalah Otoritas Jasa Keuangan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan.
“Perjanjian Kerjasama” adalah perjanjian tertulis antara Finpedia dengan Mitra LJK yang mengatur syarat dan ketentuan serta mekanisme dan prosedur berikut aspek komersial dan teknis dalam penggunaan Layanan oleh Mitra LJK untuk menampilan, memasarkan dan menawarkan Produk Jasa Keuangan dari Mitra LJK kepada Pengguna melalui Platform Finpedia.
“Perusahaan” atau “Finpedia”berarti PT Solusi Inklusi Finansial, suatu perseroan terbatas yang didirikan dan dikelola berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, beralamat kantor di CoHive Sahid Sudirman Residence, Lantai 2, Jl. Jend. Sudirman No.86, Kel. Karet Tengsin, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat yang menyediakan Layanan berdasarkan POJK 13 dengan merek dagang “Finpedia”.
“Pihak Terkait” adalah direksi, komisaris, karyawan, manajemen, pemegang saham, afiliasi, kuasa dan/atau perwakilan Finpedia.
“Platform” adalah (a) portal web dan atau versi mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Finpedia yang saat ini terletak di dan dapat di akses pada URL berikut: www.finpedia.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu; dan/atau (b) aplikasi mobile dari www.finpedia.id yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Finpedia, termasuk iOS dan android berikut perubahannya dari waktu ke waktu.
“POJK 13” adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital dalam Industri Jasa Keuangan, beserta segala peraturan pelaksana, perubahan, amandemen, modifikasi dan/atau penambahan yang dibuat dari waktu ke waktu.
“Produk Jasa Keuangan” adalah produk jasa keuangan yang ditampilkan, ditawarkan dan dipasarkan oleh Mitra LJK kepada Pengguna melalui Platform Finpedia berdasarkan Perjanjian Kerjasama.
Interpretasi
1.2 Judul yang digunakan untuk S&K ini hanya untuk penjelasan dan referensi saja, dan tidak mempengaruhi penafsiran, atau menjadi bahan pertimbangan, dalam interpretasi S&K ini.
1.3 Dalam S&K ini, semua rujukan kepada badan hukum atau individu, adalah juga sebagai merujuk kepada agen yang sah, penerima hak pengalihan, penerus, ataupun kuasa/wakil dari badan hukum atau individu tersebut selama dianggap wajar. Ungkapan bermakna tunggal diartikan sebagai ungkapan bermakna jamak dan sebaliknya.
1.4 Setiap rujukan Hukum, peraturan, undang-undang atau penetapan adalah merujuk pada amandemen dan perubahan peraturan terkait, atau peraturan yang berada di bawah Hukum, peraturan, atau penetapan tersebut.
1.5 Apabila terdapat perbedaan dan pertentangan antara S&K dan perjanjian yang mengikat Anda dengan Finpedia, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam perjanjian dan Anda wajib mematuhi ketentuan perjanjian tersebut kecuali untuk ketentuan yang bertentangan dengan S&K.
- SYARAT UMUM PENGGUNAAN
2.1 S&K ini merupakan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur tata cara pemberian Layanan oleh Finpedia dengan mengoperasikan Platform yang memfasilitasi Pengguna dalam mencari, membandingkan dan memahami Produk Jasa Keuangan dari Mitra LJK untuk tujuan pengajuan Aplikasi Permohonan oleh Pengguna guna memanfaatkan Produk Jasa Keuangan yang dikehendaki sesuai kebutuhannya.
2.2 Layanan yang terdapat pada Platform ditujukan untuk digunakan oleh Pengguna, yaitu:
(a) individu cakap secara hukum menurut Pasal 1330 KUH Perdata, artinya individu yang telah dewasa yaitu berusia minimal 21 tahun, dan waras (“Cakap Secara Hukum”);
(b) individu yang berkewarganegaraan Indonesia;
(c) memiliki Kartu Tanda Penduduk yang sekaligus membuktikan terpenuhinya ketentuan dalam poin (a) dan (b) di atas,
2.3 Anda memahami bahwa setiap informasi atau keterangan terkait aspek komersial, teknis dan lainnya sehubungan dengan Produk Jasa Keuangan yang ditampilkan melalui Platform diperoleh Finpedia dari Mitra LJK (“Informasi Produk Jasa Keuangan”) sehingga Finpedia dan/atau Pihak Terkait Finpedia tidak bertanggung jawab dan tidak dapat dilibatkan dalam:
- konsekuensi, resiko, akibat hukum dan/atau kerugian, biaya, beban dan/atau pengeluaran yang Anda tanggung atau derita;
- permasalahan, kesalahpahaman dan/atau sengketa antara Anda dan Mitra LJK;
- pemberian sanksi oleh OJK, Asosiasi dan/atau institusi pemerintah yang berwenang kepada Mitra LJK termasuk investigasi, penyelidikan dan/atau penyidikan;
akibat ketidakakuratan atau kebenaran Informasi Produk Jasa Keuangan.
2.4 Layanan Finpedia tidak meliputi kegiatan atau aktifitas E-KYC (Electronic Know-Your-Customer), anti-fraud dan/atau skoring kredit sehingga seluruh aktifitas tersebut di atas dapat atau akan dilakukan oleh Mitra LJK terkait sehubungan dengan pengajuan Aplikasi Permohonan Anda kepada Mitra LJK tersebut.
2.5 Untuk tujuan peningkatan kualitas Layanan, Mitra LJK dapat memberitahukan
- hasil asesmen atas Aplikasi Permohonan yang Anda ajukan kepada Finpedia, dalam wujud antara lain, hasil asesmen berupa penolakan atau penerimaan (baik dengan atau tanpa syarat) atas Aplikasi Permohonan;
- status pemenuhan, pembayaran dan/atau pelunasan kewajiban finansial Anda terhadap Mitra LJK yang bersangkutan; dan/atau
- profil, informasi atau keterangan terkait Anda yang tercatat, disimpan atau diperoleh oleh Mitra LJK dari Anda sehubungan dengan proses pengajuan dan/atau asesmen atas Aplikasi Permohonan yang Anda ajukan kepada Mitra LJK tersebut melalui Platform atau pemanfaatan Layanan Finpedia.
2.6 Dengan tunduk pada ketentuan Pasal 2.5 S&K ini, Finpedia tidak akan mengintervensi maupun memberi pandangan, rekomendasi, nasihat atau penilaian atas:
- proses asesmen terhadap Aplikasi Permohonan Anda oleh Mitra LJK maupun pemberian hasil daripadanya;
- Pemilihan Produk Jasa Keuangan; dan/atau
- Program, kebijakan, inisiatif maupun profil Mitra LJK yang bekerjasama dengan Finpedia dengan memasarkan dan menawarkan Produk Jasa Keuangan melalui Platform.
2.7 Seluruh proses, mekanisme dan pemenuhan prosedur dalam rangka asesmen atau evaluasi terhadap Aplikasi Permohonan Anda dilakukan oleh Mitra LJK tanpa keterlibatan Finpedia atau Pihak Terkait Finpedia. Oleh karenanya, setiap pertanyaan atau permohonan klarifikasi mengenai proses asesment terhadap Aplikasi Permohonan maupun status penerimaan atau penolakan Aplikasi Permohonan wajib Anda ajukan kepada Mitra LJK terkait.
2.8 Finpediadapat merubah Informasi Produk Jasa Keuangan dari waktu ke waktu hanya berdasarkan instruksi atau arahan tertulis Mitra LJK kepada Finpedia berdasarkan Perjanjian Kerjasama antara Mitra LJK dan Finpedia sehingga setiap perubahan tersebut yang ditampilkan melalui Platform kepada Anda tidak dapat dianggap, ditafsirkan atau dikualifisir sebagai tindakan sepihak Finpedia.
2.9 Dengan tunduk pada Kebijakan Data Pribadi dan ketentuan S&K ini sebagaimana ditetapkan oleh Finpedia dari waktu ke waktu, Anda sepakat bahwa dengan (i) memanfaatkan Layanan Finpedia; dan/atau (ii) mengajukan Aplikasi Permohonan kepada Mitra LJK melalui Platform, maka Anda dengan tanpa syarat mengizinkan Finpedia untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, mengakses, mengkaji, dan/atau menggunakan informasi dan Data Pribadi Anda sesuai batasan yang diatur dalam Kebijakan Data Pribadi.
- PERNYATAAN DAN JAMINAN
3.1 Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:
(a) Anda telah membaca dan menyetujui S&K ini berikut ketentuan lain yang mengatur penggunaan Layanan pada Platform, termasuk namun tidak terbatas padaKebijakan Data Pribadi;
(b) Anda akan menggunakan dan/atau mengakses Platform kami hanya untuk tujuan yang sah berdasarkan Hukum;
(c) Anda telah Cakap Secara Hukum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat 2.2 S&K ini sehingga Anda dapat menyetujui S&K ini termasuk mengakses Platform, menggunakan Layanan dan mengadakan kontrak dengan Mitra LJK dalam kapasitas Anda sendiri sebagai pribadi;
(d) Anda menggunakan Platform dengan itikad baik dan tanpa niat untuk melanggar aturan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada peraturan pencucian uang, peraturan penghindaran pajak, dan peraturan anti terorisme; dan
(e) tidak ada materi, informasi atau keterangan apapun yang disampaikan oleh Anda kepada Finpedia yang berpotensi atau secara faktualmelanggar Hukum dan/atau menyalahi hak-hak dari pihak ketiga manapun, termasuk hak cipta, merek dagang, privasi, publisitas atauhak hukum atau komersial lainnya;.
(f) Setiap Data Pribadi yang Anda ajukan dalam proses pemanfaatan Layanan maupun yang diakses Finpedia berdasarkan Kebijakan Data Pribadi bagaimana dimaksud dalam Kebijakan Data Pribadi adalah benar, bukan merupakan hasil penipuan atau pelanggaran hukum maupun hak pihak ketiga lain, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
3.2 Anda dengan ini berjanji bahwa:
(a) Anda tidak akan membuat, mengubah, memodifikasi atau mengganti situs lainnya yang dapat menimbulkan penafsiran atau mengakibatkan pemahaman bagi pihak lain bahwa situs tersebut merupakan situs yang berkaitan dengan Finpedia;
(b) Anda tidak akan menulis atau menyampaikan pendapat, kritik, tulisan atau komentar yang tidak patut atau bersifat mengancam, melecehkan dan/atau memfitnah Finpedia dan/atau Pihak Terkait Finpedia pada seluruh media komunikasi Finpedia, termasuk social media yang dikelola Finpedia;
(c) Anda tidak akan menggunakan nama domain atau URL web Finpedia sebagai nama Pengguna atau untuk manfaat maupun kepentingan komersial atau pribadi Pengguna pada tempat lain tanpa persetujuan tertulis dari Finpedia;
(d) Anda tidak akan mengakses, mengintervensi, menghambat, menghalangi dan/atau mengganggu kelangsungan Layanan termasuk sistem informasi, teknologi, fitur, atau jaringan yang terhubung dengan Platform, termasuk dengan cara, antara lain, mengirimkan atau menyebabkan pihak ketiga untuk mengirimkan segala wujud DoS (denial of service), worm, virus, spyware, malware atau gangguan siber lainnya;
(e) Anda tidak akan membuat atau menggunakan alat otomatis, script, bot spider, crawler atau scraper dalam mengakses Platform dan/atau memanfaatkan Layanan; dan
(f) Anda tidak akan melibatkan Finpedia atau menuntut maupun mengajukan klaim terhadap Finpedia untuk memberikan ganti rugi, membayar kompensasi atau melakukan tindakan apapun akibat atau terkait pelanggaran Hukum dan/atau hak Anda yang dilakukan Mitra LJK sehubungan dengan pemanfaatan Produk Jasa Keuangan dan/atau pelaksanaan perjanjian antara Mitra LJK yang bersangkutan dengan Anda terkait Produk Jasa Keuangan.
- CAKUPAN DATA PRIBADI
4.1 Sesuai dengan Kebijakan Data Pribadi, Finpedia mengupayakan komitmen atas transparansi bagi Anda sehubungan dengan kejelasan mengenai jenis Data Pribadi yang dapat Anda ajukan atau singkapkan kepada Finpedia atau diperoleh Finpedia dari Anda sehubungan dengan pemanfaatan Layanan Finpedia oleh Anda sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 4.2 sebagai berikut.
4.2 “Data Pribadi” adalah meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen, baik elektronik maupun non-elektronik yang diterima dan/atau diakses Finpedia dari Pengguna dan/atau diajukan, diberikan atau disingkapkan Pengguna kepada Finpedia, menurut persetujuan Pengguna yang bersangkutan serta disimpan dan dikelola sehubungan dengan penyediaan Layanan pada Platform Finpedia dan/atau dalam rangka Penggunaan Layanan pada Platform Finpedia oleh Pengguna, termasuk dalam hal ini adalah:
- Informasi terkait pengajuan Aplikasi Permohonan Pengguna kepada Mitra LJK melalui Platform;
- Informasi yang diberikan pada saat Pengguna menghubungi tim layanan konsumen Finpedia dan informasi yang diberikan saat Pengguna berpartisipasi dalam survey, kuisioner dari Finpedia;
- E-mail Pengguna; dan/atau
- Informasi yang dikumpulkan saat Pengguna berinteraksi dengan Pengguna.
4.3 Ketentuan mengenai tujuan penggunaan Data Pribadi Anda diatur dalam Kebijakan Data Pribadi yang dapat Anda setujui sebagai persyaratan untuk mengajukan Aplikasi Permohonan.
- KEAKURATAN DATA PRIBADI
5.1 Dengan tunduk pada Kebijakan Data Pribadi yang ditetapkan oleh Finpedia dari waktu ke waktu, Anda menjamin bahwa semua informasi dan Data Pribadi yang diberikan atau disingkapkan kepada Finpedia maupun yang diakses Finpedia berdasarkan Kebijakan Data Pribadi termasuk Nomor Darurat adalah data yang lengkap dan benar, akurat, lengkap, terbaru, dapat dipertanggung jawabkan dan tidak menyesatkan dalam hal apapun serta bukan merupakan hasil penipuan atau pelanggaran hukum maupun hak pihak ketiga.
5.2 Anda dapatmemperbaharui dan/atau memberitahukan kepada Finpedia melalui Platform atas setiap perubahan informasi terkait Data Pribadi Anda sesuai dengan ketentuan Kebijakan Data Pribadi yang Anda dapat setujui untuk dapat memanfaatkan Layanan.
5.3 Dalam hal Finpedia menemukan bahwa informasi dan/atau Data Pribadi yang Anda berikan kepada Finpedia melalui Platform adalah tidak benar, diduga palsu, menyesatkan, dan/atau tidak akurat atau menyalahi ketentuan Pasal 5 ayat 5.1 S&K ini, maka Finpedia berhak untuk mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada memblokir akses Anda terhadap Platform, dan meminta ganti kerugian kepada Anda atas kerugian yang dialami Finpedia dan/atau Pihak Terkait Finpedia.
- PEMBEBASAN BIAYA ATAS PENGAJUAN APLIKASI PERMOHONAN
Finpedia tidak akan mengenakan biaya apapun kepada Anda sebagai syarat untuk mengajukan Aplikasi Permohonan kepada Mitra LJK melalui Platform. Oleh karenanya setiap permintaan atas pembayaran atau pengeluaran biaya atau ongkos dari pihak manapun kepada Anda yang mengatasnamakan Finpedia tidak dapat dianggap atau ditafsirkan sebagai permintaan atau tindakan dari Finpedia dan karenanya Finpedia tidak bertanggung jawab dan tidak dapat dilibatkan dalam segala sengketa, permasalahan atau pelanggaran hak maupun Hukum akibat atau terkait hal tersebut.
- COOKIES
7.1 “Cookies” adalah file yang mencatat informasi seperti jejak pencarian situs dari perangkat untuk mengumpulkan informasi loginternet dan informasi tentang Anda. Saat Anda mengunjungi Platform, Cookies akan memudahkan Finpedia untuk menyesuaikan konten sesuai dengan kebutuhan Anda. Cookies tidak akan melacak informasi pribadi Anda dan semua data Cookies kami telah dienkripsi dan tidak dapat dibaca oleh platform lain.
7.2 Dengan mengunjungi dan menggunakan Platform, Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Cookies terpasang pada perangkat Anda.
7.3 Anda dapat menolak pemasangan Cookies pada perangkat Anda dengan melakukan konfigurasi melalui pengaturan situs pencarian Anda. Namun perlu dipahami bahwa dengan menolak pemasangan Cookies pada perangkat Anda, Anda mungkin tidak mendapatkan keuntungan dari beberapa Layanan pada Platform.
- HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL
8.1 Seluruh hak kekayaan intelektual pada Platform, termasuk tetapi tidak terbatas pada, hak cipta, hak paten, dan merek dagang, untuk dan atas nama Finpedia adalah milik dan aset tetap dari Finpedia.
8.2 Dengan mengakses Platform, Anda diberikan lisensi terbatas untuk melihat, mengunduh atau mencetak salinan dari bagian manapun pada Platform, dengan ketentuan bahwa Anda tidak mengubah dengan salinan tersebut cara apapun, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan segala hak cipta atau kepemilikan lainnya yang terdapat pada Platform atas nama Finpedia.
- PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN
9.1 Finpedia, atas diskresinya sendiri, berhak untuk mengubah dan/atau memperbaharui S&K ini dari waktu ke waktu. Finpedia akan memberitahukan perubahan S&K ini pada Platform atau melalui e-mail dan/atau nomor telepon Anda yang Anda singkapkan kepada Finpedia atau diperoleh Finpedia dari Anda melalui Platform.
9.2 Dalam hal Finpedia mengubah S&K ini dan Anda tetap mengakses serta menggunakan Layanan yang ada di Platform, maka Anda secara otomatis dianggap menyetujui untuk menundukkan dan mengikatkan diri terhadap segala perubahan yang dibuat atas S&K ini.
- PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
10.1 Finpedia, Pihak Terkaitdan/atau karyawannya tidak bertanggung jawab dan tidak akan memberikan ganti rugi, manfaat atau kompensasi apapunkepada Anda atau pihak terkait lainnya sebagai akibat terjadinya pelanggaran oleh Anda atas:
- ketentuan Hukum;
- S&K;
- Kesepakatan dengan Mitra LJK;
- Putusan dari lembaga peradilan atau arbitrase yang berwenang; dan/atau
- Hak pihak ketiga manapun.
10.2 Finpedia tidak bertanggung jawab kepada Anda dan/atau siapapun atas segala kerugian, kehilangankeuntungan dan hal lainnya, yang secara langsung atau tidak langsung, disebabkan oleh pihak ketiga manapun.
- GANTI RUGI
Anda sepakat untuk melepaskan, membebaskan, dan mengganti kerugian Finpedia dan/atau Pihak Terkait Finpedia atas semua dan seluruh kerugian yang diderita maupunbiaya, beban dan/atau pengeluaran yang ditanggung oleh Finpedia sebagai hasil atau sehubungan dengan pelanggaran S&K ini yang mengikat Anda terkait penggunaan Layanan pada Platform oleh Anda.
- KETERPISAHAN
Apabila suatu ketentuan dalam S&K ini tidak dapat diberlakukan, tidak berlaku, atau bertentangan dengan suatu hukum atau kebijakan umum karena alasan apapun, ketentuan-ketentuan lain dari S&K ini tidak akan terpengaruhi dan tetap berlaku secara penuh sepanjang diperbolehkan oleh Hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- SATU KESATUAN
13.1 S&K ini merupakan satu kesatuan dan bagian tidak terpisahkan dari ketentuan lain yang mengatur penggunaan Layanan pada Platform oleh Anda sebagaimana ditetapkan oleh Finpedia dari waktu ke waktu, termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Data Pribadi, dan aturan atau kebijakan lain yang diberlakukan Finpedia bagi Pengguna (“Dokumen Lain”).
13.2 Jika terdapat pertentangan antara S&K ini dan Dokumen Lain terkait suatu pokok permasalahan, maka yang berlaku adalah Dokumen Lain yang menentukan secara lebih spesifik untuk suatu pokok permasalahan tersebut.
- PENGAKHIRAN
Anda sepakat bahwa Finpedia dapat, berdasarkan diskresi Finpedia, dengan atau tanpa pemberitahuan, menunda, mengakhiri, menonaktifkan atau menutup akses Anda pada, atau penggunaan dari Platform, mengakhiri Akun Peminjam, menghapus profil Anda dan setiap konten atau informasi yang Anda telah unggah pada Platform apabila Anda melanggar atau bertindak tidak sesuai dengan S&K ini.
- HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA
15.1 S&K ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan hukum negara Republik Indonesia.
15.2 Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan/atau pelaksanaan ketentuan-ketentuan dari S&K ini (“Sengketa”), Anda sepakat untuk terlebih dahulu menyelesaikan Sengketa tersebut secara musyawarah untuk mencapai mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterima pemberitahuan terjadinya Sengketa oleh Anda atau Finpedia.
15.3 Apabila Sengketa tidak dapat diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari, Anda sepakat untuk menyelesaikan Sengketa tersebut pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
- ADUAN KONSUMEN DAN REKAM JEJAK TRANSAKSI SERTA KORESPONDENSI
Atas setiap dugaan tindakan yang melanggar hukum yang dilakukan oleh karyawan Finpedia yang diduga merugikan Anda (“Dugaan Pelanggaran Hukum”), maka Anda berhak mengajukan aduan perihal tersebut ke nomor kontak dan e-mail yang tersebut pada Pasal 17 S&K ini dengan ketentuan:
- Anda wajib memberikan keterangan yang jelas, akurat dan disertai serta didukung bukti yang dapat mendukung laporan atau aduan tersebut;
- Anda wajib memberikan keterangan mengenai identitas terduga karyawan yang melakukan Dugaan Pelanggaran Hukum kepada Finpedia sehingga Finpedia dapat melakukan penyelidikan dan pemeriksaan atas identitas tersebut terkait Dugaan Pelanggaran Hukum;
- Anda wajib menyediakan nomor telepon dan e-mail yang jelas kepada Finpedia sebagai media korespondensi antara Anda dengan Finpedia untuk penelusuran lebih lanjut terkait Dugaan Pelanggaran Hukum dan kerugian materi yang Anda alami.
Demi kejelasan, Finpedia tidak bertanggung jawab atas setiap akibat atau kerugian yang Anda alami yang disebabkan oleh:
1) pihak yang bukan merupakan karyawan Finpedia, tidak mewakili atau ditugaskan Finpedia secara sah dan terbukti dan tidak terkait Finpedia;
2) Karyawan Finpedia, kecuali dapat dibuktikan secara hukum oleh Anda bahwa kerugian yang Anda alami adalah akibat kesalahan dan keterlibatan Finpedia secara langsung yang akhirnya menyebabkan terjadinya kesalahan dan/atau pelanggaran hukum karyawan Finpedia yang merugikan Anda secara finansial yang dapat dikuantifisir atau diperhitungkan kerugiannya secara nyata, tidak hanya dalam wujud kerugian immaterial.
Finpedia akan menangani setiap laporan dan aduan Anda dengan pertama kali melakukan verifikasi atas identitas pihak atau oknum yang melakukan Dugaan Pelanggaran untuk memastikan keterkaitan atau statusnya sebagai karyawan, kuasa, perwakilan atau pihak yang ditugaskan Finpedia (“Hubungan Afiliasi”).
Dalam hal terbukti tidak ada Hubungan Afiliasi antara oknum yang melakukan Dugaan Pelanggaran Hukum dan Finpedia, maka Finpedia akan memberitahukan Anda perihal tersebut dan Finpedia tidak akan melakukan penyelidikan lebih lanjut atas Dugaan Pelanggaran Hukum dan Finpedia maupun Pihak Terkait tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban apapun oleh Peminjam atau pihak terkait Peminjam atas kerugian yang dialami.
- PUSAT KORESPONDENSI
Apabila ada pertanyaan, komentar, aduan, kritik dan/atau saran mengenai S&K, Layanan dan/atau aspek teknis, fungsi dan penggunaan Platform (“Aspirasi Pengguna”), Anda dapat menghubungi Finpedia melalui cs@finpedia.id sebagai “Pusat Korespondensi” untuk memfasilitasi hubungan atau komunikasi antara Pengguna dengan Finpedia untuk menyampaikan Aspirasi Pengguna termasuk terkait pengajuan aduan perihal Dugaan Pelanggaran Hukum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 S&K ini.
Finpedia tidak akan menanggapi Aspirasi Pengguna yang Anda sampaikan selain melalui Pusat Korespondensi tersebut di atas, termasuk menghapus setiap Aspirasi Pengguna yang Anda sampaikan melalui kolom komentar dalamsocial media yang dikelola Finpedia.