Jangan Lupa Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini. Biar Tetap Bahagia Saat Tua

Posted: 11 Sep 2020from: EditorLast updated : 18 Sep 2021

Kamu sudah menyiapkan dana pensiun? Pertanyaan tersebut sejatinya jarang sekali terdengar. Pasalnya, banyak yang beranggapan bahwa Jaminan Hari Tua (JHT) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan dana pensiun dari kantor sudah cukup untuk menjamin kelangsungan hidup kamu kelak disaat sudah tidak bekerja. Namun jika ada tambahan tabungan dana pensiun bukannya lebih baik?


Rata-rata tingkat inflasi di Indonesia berada di level 5%. Artinya, setiap tahun terdapat peningkatan kebutuhan hidup sekitar 5%. Nah membincang dana pensiun memanglah masih sangat jauh, apalagi buat kamu first jobber yang baru saja mengenal dunia pekerjaan.


Namun jika dihitung secara matematis, kamu yang saat ini sudah bekerja di usia 20 tahun, dengan rata-rata tingkat inflasi 5%, maka kebutuhan hidup di saat kamu pensiun kelak, dimana itu masih 35 tahun lagi bakal meningkat 175%. Jika selama ini pengeluaran bulanan kamu berkisar di angka Rp3 juta, artinya pengeluaran bulanan di saat kamu pensiun akan mencapai Rp8,25 juta per bulan. 


Itu juga dengan asumsi kondisi kesehatan kamu masih bugar seperti sekarang. Jika terdapat biaya kesehatan, maka jumlah pengeluaran rutinnya bisa jauh lebih besar dari itu.


Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tirta Segara mengatakan rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat menjadi salah satu penyebab masih sedikitnya jumlah anggota DPLK dan Dana Pensium Pemberi Kerja (DPPK). 


Hingga akhir tahun 2018 saja, jumlah peserta dana pensiun baru mencapa 4,63 juta orang, Padahal jumlah penduduk yang bekerja mencapai 129,36 juta. Artinya baru 2,79% orang yang memiliki dana pensiun dari total pekerja. 


Siapkan sejak pertama kali bekerja


Oleh karena itu, kamu yang masih berusia 20 tahunan, mulailah untuk mempersiapkan dana pensiun. Jika dipikir, buat apa menyiapkan kebutuhan jangka panjang, toh kebutuhan jangka pendek juga masih belum bisa terpenuhi. 


Justru dengan menyiapkan kebutuhan jangka panjang di usia dini, bisa menghemat banyak pengeluaran kamu nantinya. Kamu yang saat ini masih berusia 20-an, bisa menyisihkan 10% dari total penghasilan untuk dana pensiun, 


Nominalnya sangat kecil bukan, namun ketika kamu baru menyiapkannya di usia 30-an, persentase dana yang dialokasikan menjadi 30% dari penghasilan. 


Compund interest


Karena sifatnya jangka panjang, maka banyak Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) menggunakan skema compound interest atau bunga majemuk. Jadi ketika kamu pertama kali membenamkan uang Rp50 juta di tahun pertama, asumsi bunga yang didapatkan selama satu tahun adalah 5%, maka hingga akhir tahun, dana kamu akan menjadi Rp52,5 juta. 


Lalu di tahun kedua jumlah pengalinya menjadi Rp52,5 juta dikali 5% menjadi Rp55,12 juta dan terus bertambah hingga masa pensiun kamu tiba. 


JIka kamu menginginkan yang menggunakan skema syariah, saat ini juga sudah banyak DPLK syariah yang bsa dijadikan rujukan untuk jaminan pensiun kamu kelak. 


Pakai Jenius Juga bisa


Kamu juga bisa menggunakan Aplikasi Jenius dengan memanfaatkan fitur Maxi Saver atau Dream saver dengan bunga 4% dan automatic roll over (ARO). Jadi kamu bisa langsung menyiapkan dana pensiun hanya dengan melakukan transfer otomatis lewat Apilkasi Jenius. 


Dengan begitu, rencana kamu untuk bisa menikmati hari tua dengan nyaman bisa terlaksana. Dana tersebut akan aman karena kamu bisa menggunakan dana dari tabungan utama untuk kehidupan sehari-hari.


Ini Kelebihan Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini


Adalah benar bahwa perusahaan tempat kamu bekerja memilki kewajiban untuk menyiapkan dana pensiun saat kamu sudah masuk dalam usia yang tidak lagi produktif. Namun jika kamu memiliki dana pensiun tambahan, kamu bisa menakar kapan dana tersebut bisa digunakan dan untuk apa. 


  1. Memiliki modal untuk pengembangan usaha


JIka kamu selama sangat disibukkan dengan pekerjaan, dengan adanya dana pensiun kamu bisa memiilki modal yang bisa digunakan untuk pengembangan usaha. 


Mungkin saat ini kamu sudah mulai merintis menjalankan suatu usaha mikro seperti berjualan pakaian ataupun makanan. Nah ketika sudah masuk masa pensiun, kamu bisa fokus menjalankan bisnis kamu sambil menikmati sisa dana pensiun untuk menunjang kehidupan dengan nyaman. 


  1. Bisa mengajukan pensiun dini


Kamu yang merasa sudah cukup tabungan dana pensiunnya, bisa mengajukan pensiun dini dan memanfaatkannya untuk hal yang produktif dan menyenangkan.


Misalnya, kamu memiliki keinginan untuk bisa bepergian ke seluruh wilayah di nusantara, namun karena tanggung jawab pekerjaan, hal tersebut tidak dapat dilakukan. Nah ketika saldo di dana pensiun kamu sudah dirasa cukup, kamu bisa menggunakannya untuk pelesiran. 


Tetapi jangan dihabiskan semuanya ya, kamu juga harus memikirkan untuk kelangsungan hidup kamu dan keluarga. 


  1. Masa tua yang tenang


Kamu yang ingin menghabiskan waktu dengan tenang dan fokus pada hobi bisa mewujudkannya dengan memilki dana pensiun. Sepanjang kebutuhan hidup sudah bisa terpenuhi, kamu tidak perlu lagi bersusah payah bekerja untuk menghidupi keluarga.


Pun masih bekerja hanyalah bermaksud untuk mengasah ketrampilan sekaligus menambah ilmu yang bisa diteruskan ke anak cucu kelak.


Jadi, mulailah dari sekarang. Kamu bisa menyiapkan dana pensiun dengan Tabungan Jenius. Ajukan di Finpedia dan buka Tabungan Jeniusmu sekarang.