Makanan Khas Indonesia yang Mendunia. Udah Coba?

Posted: 16 Okt 2020from: EditorLast updated : 10 Jun 2021

`Negeri ini terkenal kaya akan budaya dan juga cita rasa. Hampir di setiap wilayah Indonesia, memiliki cita rasa yang berbeda untuk satu jenis makanan. Hal itu menjadikan sektor kuliner sebagai basis bisnis yang sangat besar di nusantara. Bahkan, ada beberapa makanan khas Indonesia yang berhasil mendunia dan diburu oleh banyak orang di luar negeri.


Setidaknya, terdapat sekitar 1.340 suku bangsa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, Jika setiap suku bangsa memiliki 1 jenis makanan khas, artinya terdapat 1.340 makanan khas nusantara yang memilki rasa yang berbeda.


Dari ribuan jenis kuliner tersebut, berikut merupakan 5 makanan khas Indonesia yang berhasil mendunia. Kamu sudah coba beberapa diantaranya belum? Simak yuk, siapa tahu bisa dijadikan referensi untuk bisnis kamu kelak.


1. Sate


Jenis makanan yang berbasis daging ini bisa kamu ditemui di hampir setiap wilayah di Indonesia. Di Sumatera, sate yang dijual menggunakan daging sapi dan disajikan dengan kuah kental yang memiliki rasa gurih dan pedas.


Nah jenis sate yang berbeda akan kamu temui di wilayah Jawa. Disini, sate yang disajikan menggunakan daging ayam atau kambing. Irisan daging yang ditusuk ke lidi, kemudian di bakar di atas bara menyala, sangat nikmat untuk disantap saat perut kosong.


Belum lagi jika ditambahkan dengan saus kacang yang dibalut dengan kecap manis, akan menggugah selera makan kamu dengan seketika. Beberapa jenis sate yang ada di Indonesia adalah sate padang, sate ayam, sate kambing, sate maranggi, sate lilit, sate kere dan masih banyak lagi.


Tetapi yang menjadi idola bagi masyarakat dunia adalah sate ayam. Bahkan, ada sebuah restoran di New York, Amerika Serikat yang menjajakan sate ayam sebagai menu andalannya.


2. Gudeg


Makanan manis khas wilayah Jawa Tengah itu berhasil mencuri hati masyarakat dunia. Beberapa negara seperti Australia, Malaysia dan beberapa negara lainnya sudah berhasil ditembus oleh makanan yang berisi sayur nangka, ayam dan juga telur pindang itu.


Proses pengirimannya menggunakan kaleng, sehingga kualitas gudeg tetap terjaga dan tidak cepat rusak. Adalah wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo yang menjadi basis industi gudeg di tanah air.


3. Rendang


Makanan khas Provinsi Sumatera Barat itu berhasil menyabet predikat sebagai makanan terenak di dunia versi CNN. Basis makanan yang menggunakan daging sapi, santan dan bumbu dapur lainnya itu memang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Proses memasaknya yang lama membuat bumbu meresap sempurna kedalam daging yang empuk.


Saat ini di beberapa negara, rendang dapat ditemui di supermarket dalam bentuk kalengan. Bahkan sebuah Koperasi di Sumatera Barat siap mengekspor sebanyak 480 ton bumbu rendang ke Arab Saudi.


4. Tempe


Makanan olahan kacang kedelai ini sukses menembus pasar Jepang dan beberapa negara lainnya. Kandungan gizinya yang tinggi dan proses membuatnya yang mudah membuat tempe menjadi primadona bagi banyak orang.


Bahkan di Jepang, ada lebih dari 200 menu tempe yang dijual melalui restoran-restoran. Padahal kamu yang berada di Indonesia, bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah. Mau jajal bisnis tempe?


5. Nasi Goreng


Mantan Presiden Amerika, Barrack Obama pernah mengatakan secara gamblang, bahwa makanan kesukaannya adalah nasi goreng. Ya, menu nasi goreng asal Indonesia rupanya banyak diterima oleh masyarakat di luar negeri.


Perpaduan rasa manis, gurih dan pedas membuat nasi goreng berhasil masuk sebagai menu di beberapa restoran besar yang ada di dunia.


Dari beberapa jenis makanan popular tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendulang keuntungan. Berjualan nasi goreng secara online sepertinya menarik untuk dilakukan.


JIka kamu ingin membuka tempat di pinggir jalan juga bisa dilakukan. Pasalnya, hampir setiap orang pasti menyukai nasi goreng. Kamu bisa melihatnya dengan mudah di pinggir jalan, dalam radius 1 kilometer (km) dari wilayah tempat tinggal, paling tidak terdapat 3 sampai 5 penjaja nasi goreng.


Yuk mulai usaha untuk persiapan masa depan, Hitung dulu dengan matang berapa kebutuhannya. Modalnya kamu bisa mengajukan di EasyCash. Prosesnya cepat, hanya 5 menit dengan waktu pencairan hingga 24 jam. Akses Finpedia sekarang untuk mendapatkannya.