Instagram Rilis Fitur NFT untuk Pamer Karya ke Lebih 100 Negara

Posted: 4 Aug 2022from: EditorLast updated : 5 Aug 2022

Di awal tahun 2022 lalu, tepatnya pada bulan Mei, Meta sempat mengumumkan bahwa akan meluncurkan fitur NFT di platform media sosial Instagram. Di bulan yang sama, Meta juga menggelar uji coba khusus untuk pengguna Instagram di Amerika Serikat.

 

Awal Kemunculan Instagram NFT

 

Perusahaan raksasa Meta milik Mark Zuckerberg, belum lama ini membukukan kerugian tajam di divisi Metaverse-nya, pada Q2 2022. Sehingga, Meta berupaya untuk meluncurkan strategi baru ekspansi aset digitalnya, yakni pada 10 Mei 2022.

 

Dilansir dari Liputan6.com, selain di Amerika Serikat, menurut postingan ruang berita Meta, yang baru diperbarui Kamis, 4 Agustus 2022, salah satu strategi yang direncanakan fitur NFT tersebut adalah memperluas ekspansi Non Fungible Token (NFT), di 100 negara. 

 

Perluasan Ekspansi Hingga Lebih ke 100 Negara

 

Adapun, 100 negara tersebut adalah negara-negara di Amerika Serikat, Afrika, Asia-Pasifik, hingga Timur Tengah. Nah, dalam peluncuran awal strategi peluncuran NFT atau aset digital Meta, ia menargetkan aplikasi media sosial Instagram.

 

Mark Zuckerberg juga mengucapkan sesuatu, yang ditulis Meta dalam cuitan di akun Twitter, terkait peluncuran fitur NFT ke 100 negara lainnya selain Amerika.

 

"Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa kami meluncurkan koleksi digital ke 100 negara lainnya. Sekarang, lebih banyak orang, pembuat konten, dan bisnis dapat menampilkan #NFT mereka di @Instagram," tulis Meta di akun Twitter @MetaNewsroom.

 

Sistem Fitur NFT di Instagram

 

Bagaimana para pengguna atau kreator menggunakan fitur NFT di Instagram untuk pamerkan hasil karya? Jadi, pengguna atau kreator tetap menggunakan aplikasi Instagram yang sudah ada, lalu hanya tinggal menghubungkannya ke dompet digital masing-masing, untuk bisa memposting NFT di Instagram.

 

Nah, buat kamu yang belum punya dompet digital yang bisa terhubung oleh fitur NFT di Instagram, bisa buat dompet pihak ketiga seperti Rainbow, MetaMask, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan Dapper Wallet yang akan segera hadir.

 

Dompet digital NFT sendiri memiliki fungsi untuk menukarkan uang resmi, dengan mata uang kripto yang berlaku, agar bisa melakukan transaksi NFT. Nah, kamu bisa membuat dompet digital NFT ini, melalui salah satu platform, seperti MetaMask.

 

Dukung Ethereum hingga Solana

 

Selain itu, untuk blockchain yang didukung saat ini di fitur NFT Instagram adalah Ethereum, Polygon, dan Flow sebagai tambahan terbaru. Dilansir dari validnews.id, Meta juga rencananya akan segera menambahkan Solana ke dalam dukungan blockchain-nya dalam waktu dekat ini.

 

Sama seperti ketika kita memposting foto atau video hingga memasang profile picture, untuk memposting koleksi karya digital berupa NFT di Instagram juga tidak ada biaya yang dikenakan.

 

Koleksi NFT Bisa Bagikan Koleksi Digital Sebagai Stiker AR

 

Meta akan segera mengerjakan NFT augmented reality atau NFT 3D, dan awal Agustus ini, kemampuan tersebut juga akan bisa dimanfaatkan pengguna dan para kolektor di 100 negara secara global.

 

Itu artinya, para pengguna atau kolektor dapat membagikan koleksi digital (NFT) mereka sebagai stiker AR, di Instagram Stories menggunakan Spark AR - platform perangkat lunak AR Meta.

 

Bahkan, saat pertama peluncuran, Meta juga menyatakan bahwa Instagram telah bekerja sama dengan beberapa kreator NFT dan kolektor di Amerika Serikat, untuk menguji coba fitur berbagi NFT di Instagram. Jadi, persiapan Meta untuk memanfaatkan teknologi dan momen sangat maksimal.

 

Seperti marketplace, nantinya di Instagram para kreator bisa memajang NFT kreasi mereka, sementara kolektor bisa memamerkan NFT yang mereka beli dari para kreator.

 

Fitur NFT Juga Akan Hadir di Facebook

 

Seperti yang diketahui, selain Instagram, Mark Zuckerberg juga memiliki platform Facebook. Sehingga, fitur NFT beserta sistemnya juga akan hadir di Facebook, meski yang diuji coba baru Instagram.

 

"Fungsi serupa juga akan hadir di Facebook, bersama dengan NFT Augmented Reality di Instagram Stories melalui Spark AR sehingga Anda dapat menempatkan seni digital ke dalam ruang fisik," kata Zuckerberg, Jumat (13/5/2022).

 

Buat Karya NFT yang Bagus

 

Jika fitur NFT di Instagram ini sudah benar-benar resmi digunakan, hal yang penting untuk dilakukan selain memiliki dompet digital adalah karya NFT yang bagus.

 

Pasalnya, di Instagram NFT nantinya pasti akan ada kumpulan kreator dan kolektor yang saling bersaing. Maka dari itu, buatkan karya NFT kamu berharga dan pantas untuk dikoleksi.

 

Berikut beberapa tips agar karya NFT kamu bisa berharga dan bisa menghasilkan uang di Instagram NFT! Terlebih jika fitur ini sudah masuk Indonesia.

 

- Melakukan riset pasar karya digital di berbagai platform, dan pasang harga standar pasar. Dengan begitu, kamu bisa memasang harga jual yang kurang lebih “sama”, dengan karya yang sejenis dengan karya yang kamu punya.

- Buatlah karya NFT yang khas, yang kamu ciptakan sendiri. Artinya, karya tersebut orisinil tanpa menjiplak karya milik orang lain meskipun sedikit. Karena karya yang mirip-mirip akan mudah dikenali pembeli, apalagi lingkup pembelinya ada kolektor.

- Membangun hubungan baik dengan para kreator dan kolektor atau komunitas pecinta NFT. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa mendapatkan banyak link dan jaringan pembeli yang minatnya sesuai dengan jenis karya yang kamu punya. Peluang karya bisa terjual juga lebih besar.

 

Temukan Produk Keuangan yang Sesuai dengan Kebutuhan di Finpedia

 

Jika menunggu aset kripto bernilai tinggi terlalu lama, kamu bisa gunakan pinjaman dan produk keuangan lainnya di Finpedia.id. Karena, proses pencairan cepat dan syarat mudah. Di Finpedia.id kamu bisa cek informasi semua produk finansial dari lembaga perbankan, pembiayaan maupun peer to peer lending.

 

Kamu bisa intip berbagai produk mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, pinjaman modal usaha, pinjaman instan, pinjaman dana darurat, pinjaman dengan agunan sampai program cicilan biaya pendidikan.

 

Apa saja informasi yang bisa didapatkan di Finpedia.id? Tak perlu cek satu per satu produk di situs masing-masing, di Finpedia.id sudah tertera semua informasi mulai dari suku bunga, tenor, limit syarat yang dibutuhkan sampai pengajuan bisa dilakukan di Finpedia. Nah, jika kamu membutuhkan dana cepat, bisa mengajukan pembiayaan dengan agunan sepeda motor lewat BFI Pembiayaan Jaminan BPKB Motor.

 

Kamu bisa mendapatkan pendanaan untuk berbagai kebutuhan mulai dari Rp1 juta sampai Rp50 juta. Syaratnya hanyalah memiliki BPKB Motor, usia kendaraan maksimal 10 tahun, rumah milik sendiri atau keluarga, dan domisili tidak kontrak atau kost. Akses sekarang dan pilih produk yang sesuai dengan profil dan kebutuhan kamu segera!