5 Produk Keuangan yang Harus Kamu Miliki di 2023

Posted: 3 Jan 2023from: EditorLast updated : 3 Jan 2023

Seiring dengan bertambahnya usia, kebutuhan hidup pun menjadi lebih beragam. Salah satunya adalah bermacam produk keuangan untuk menunjang kehidupan sehari-hari, termasuk di masa tua.

 

Ketika lulus dari bangku sekolah dan memasuki usia produktif, biasanya kita tidak lagi menerima uang dari orang tua. Agar bisa mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan, ada yang memilih untuk bekerja sebagai karyawan atau membuka usaha.

 

Tidak hanya bekerja, kita pun harus mulai mandiri dan menanggung biaya hidup lainnya seperti tempat tinggal, kebutuhan sehari-hari hingga tabungan dan investasi. Ragam kebutuhan ini juga berbeda-beda lho di setiap jenjang kehidupan, single dan menikah, termasuk soal keuangan.

 

Karena banyaknya produk keuangan, mungkin Anda bingung apa saja yang diperlukan. Tak perlu lagi pusing, setidaknya Anda perlu memiliki produk keuangan berikut ini, baik saat masih single maupun sudah menikah.

 

1. Dana Darurat

 

Idealnya, jumlah dana darurat yang perlu disiapkan adalah 6-12 kali jumlah pengeluaran per bulan. Besarnya tergantung jumlah tanggungan dan pola konsumsi kita masing-masing.

 

Jika masih single, Anda perlu memiliki dana darurat sebanyak minimal 6 kali rata-rata biaya hidup per bulannya. Setelah menikah, tambah dana darurat menjadi minimal 9 kali rata-rata biaya hidup per bulannya.

 

Kemudian jika sudah menikah dan memiliki anak, maka dana darurat yang harus dimiliki sebanyak 12 kali lipat pengeluaran per bulan.

 

Mengapa idealnya besaran nominal dana darurat berada pada rentang 6-12 kali lipat pengeluaran per bulan? Misalnya seseorang kehilangan pekerjaannya dan memiliki dana darurat sebesar tiga kali lipat pengeluaran per bulan, artinya ia hanya memiliki persediaan dana untuk kebutuhan atau pengeluaran selama tiga bulan. Kondisi ini cukup berisiko apabila belum juga mendapatkan sumber penghasilan atau pekerjaan baru dalam waktu empat bulan.

 

Ingat, dana ini hanya untuk membiayai kebutuhan tak terduga saja ya! Jangan pakai untuk memenuhi keinginan konsumtif Anda.

 

2. Asuransi Kesehatan

 

Baik belum atau sudah menikah, setidaknya Anda perlu memiliki asuransi kesehatan. Asuransi penting untuk menanggung risiko yang mungkin saja muncul, termasuk sakit.

 

Alasan lain pentingnya memiliki asuransi kesehatan yaitu untuk memberikan rasa aman, tenang dan nyaman karena memiliki perlindungan atau proteksi kesehatan yang dapat dipakai saat dibutuhkan. Tentunya, dapat mengurangi kekhawatiran soal biaya pengobatan.

 

Bagi yang sudah menikah, jangan lupa tambahan proteksi biaya kehamilan dan melahirkan jika berencana untuk memiliki anak.

 

Mengenai asuransi ini, pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Jangan lupa cek dahulu track record perusahaan asuransi, termasuk apakah sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan asosiasi terkait.

 

Jangan lupa untuk menanyakan secara rinci mengenai manfaat yang diberikan, kondisi yang dipersyaratkan, dan pengecualian jaminannya. Hal ini sering menjadi alasan penolakan pengajuan klaim oleh pihak perusahaan asuransi.

 

3. KPR

 

Memiliki rumah adalah impian banyak orang. Jika tak bisa membayar secara tunai, cara yang banyak dipilih adalah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

 

Bagi yang single, Anda bisa mulai menyiapkan deposito untuk uang muka KPR. Sehingga ketika sudah menikah, Anda bisa memiliki cukup uang untuk mengajukan KPR ke perbankan.

 

Cari tahu berbagai informasi terkait KPR perbankan dan biaya-biaya lain yang harus disiapkan, ya.

 

4. Investasi

 

Seperti halnya menabung, investasi juga tak kalah penting. Sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda, agar juga bisa mengalokasikan penghasilan untuk investasi.

 

Bagi yang single, bisa memilih reksa dana pasar uang. Keuntungannya nanti bisa dimanfaatkan, salah satunya untuk tabungan menikah.

 

Bagi yang menikah, juga bisa menambahkan investasi saham dan emas. Keduanya merupakan pilihan yang baik untuk investasi jangka panjang.

 

Berinvestasi dapat membantu Anda mempersiapkan modal untuk kebutuhan di masa depan. Misalnya biaya pernikahan, pendidikan anak, pensiun, kesehatan dan lainnya.

 

Melalui investasi, Anda bisa mengatasi peningkatan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

 

5. Asuransi Lain

 

Jika memiliki dana lebih, maka Anda juga bisa memiliki asuransi lainnya seperti asuransi kendaraan bermotor. Jika memiliki kendaraan, tentu saja asuransi ini penting.

 

Asuransi kendaraan memastikan bahwa perbaikan dan servis kendaraan akan dilakukan dengan baik. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan komponen-komponen kendaraan yang berkualitas dari bengkel resmi. Penting bagi kendaraan untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari bengkel resmi.

 

Memang, memiliki asuransi mobil masih jadi pertimbangan sebagian orang. Ada yang menganggap asuransi ini cukup penting, tetapi sebagian lainnya menganggap tak perlu mengasuransikan kendaraan pribadinya.

 

Sebenarnya asuransi dibutuhkan jika ada hal-hal di luar kendali. Namun, asuransi ini dapat menjadi pilihan sebagai bentuk perlindungan atau produk proteksi yang bisa menjamin kerugian, kerusakan, hingga kehilangan atas kendaraan bermotor akibat terjadinya risiko yang menimpa kendaraan Anda.

 

Butuh Dana Cepat untuk Penuhi Kebutuhan? Cari di Finpedia Saja!

 

Jika kamu butuh dana cepat untuk menutupi segala kebutuhan pentingmu, bisa akses Finpedia.id untuk mengajukan berbagai produk finansial terbaik.

 

Finpedia.id menyediakan berbagai produk finansial dari lembaga perbankan, pembiayaan, hingga P2P Lending.

 

Adapun produk finansial yang disediakan diantaranya adalah kartu kredit, pinjaman darurat, modal usaha, kredit tanpa agunan, kredit dengan agunan, dan masih banyak lagi.

 

Di Finpedia.id, kamu bisa cek kelengkapan informasi produk finansial mulai dari suku bunga yang diberikan, tenor, syarat yang dibutuhkan sampai pengajuan bisa dilakukan di Finpedia.id.

 

Salah satunya, kamu bisa ajukan layanan pinjaman secara online dari Easy Cash yang menyediakan pinjaman instan mulai dari Rp200 ribu sampai Rp10 juta.

 

Mudah dan praktis bukan? Karena kamu tidak perlu repot untuk mengumpulkan informasi dari produk keuangan yang dibutuhkan dari ragam lembaga keuangan. Akses sekarang dan penuhi kebutuhan darurat kamu segera!